Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Kuliah Hubungan Internasional UI, UGM, Unpad, hingga Undip

Kompas.com - 03/01/2023, 08:30 WIB
Andia Christy,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap hari, beragam isu global mengisi pemberitaan hingga media sosial. Bagi kamu yang tertarik dengan isu-isu global atau hubungan antarnegara, ilmu hubungan internasional dapat menjadi salah satu jurusan di perguruan tinggi yang dapat dipertimbangkan

Hubungan Internasional (HI) merupakan ilmu yang mempelajari interaksi negara, swasta, lembaga antarpemerintah, dan non-pemerintah dalam konteks global. Isu-isu yang dipelajari juga tidak melulu membahas tentang keterlibatan negara dan politik.

Nantinya kamu akan mempelajari tentang peran perusahaan-perusahaan, berbagai kelompok atau individu terkenal baik itu politisi, pemuka agama, tokoh masyarakat, pebisnis, dan artis dalam hubungan internasional.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran UI, UGM, Unair, Undip, dan Unpad 2022

Isu-isu lain seperti ekonomi, hukum, budaya, sosial, komunikasi, sastra bahkan pertanian, nuklir, teknik, hingga kedokteran pun turut dipelajari.

Dilansir dari platform pendidikan Zenius, prospek karier lulusan jurusan ini pun luas, tidak hanya dapat menjadi seorang diplomat atau duta besar semata, yaitu:

  • Pejabat Negeri Sipil (PNS) di kementerian negara atau badan pemerintah lainnya
  • Konsultan internasional
  • Negosiator
  • Communication Specialist
  • Political Analyst
  • Dosen
  • Pegawai Non-Governmental Organization (NGO) atau Lembaga Swadaya Masyarakat

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Farmasi UI, UGM, Undip, Unair, Unpad 2022

Di Indonesia sendiri terdapat universitas-universitas negeri terbaik untuk jurusan HI yang bisa kamu jadikan pilihan untuk melanjutkan studi S1.

Kompas.com telah merangkum biaya kuliah jurusan HI, melansir dari situs resmi masing-masing universitas di Indonesia pada penerimaan mahasiswa tahun 2022 lalu:

Universitas Indonesia (UI)

Biaya pendidikan S1 Reguler di UI dibayarkan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya yang dinamakan Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B).

BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100 ribu sampai Rp 5 juta.

Terhitung tahun 2013, mahasiswa sudah tidak dikenakan uang pangkal lagi karena uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

Kini, UI menggunakan Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebagai sistem pembayaran dengan mahasiswa membayar biaya satuan pendidikan yang sudah ditetapkan program studi dan tidak dikenakan lagi biaya per SKS.

Baca juga: Biaya Kuliah ITB Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri 2022

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Kategori kelompok UKT program sarjana jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri tahun ajaran 2022/2023 dibagi berdasarkan kelompok kriteria penghasilan.

UKT I: Rp 500.000
UKT II: Rp 1 juta
UKT III: Rp 2,9 juta
UKT IV: Rp 4,35 juta
UKT V: Rp 5,8 juta
UKT VI: Rp 6,5 juta
UKT VII: Rp 7,5 juta
UKT VIII: Rp 9 juta

Universitas Padjadjaran (Unpad)

Jalur penerimaan mahasiswa HI Unpad hanya melalui 3 jalur masuk, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP atau Jalur Mandiri).

Biaya kuliah SMUP disebutkan lebih tinggi dibandingkan SNMPTN dan SBMPTN dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan dana pengembangan yang harus dibayarkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com