Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Atur Keuangan Keluarga Awal 2023 ala Dosen UM Surabaya

Kompas.com - 02/01/2023, 18:16 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Tahun baru 2023 bisa menjadi momen tepat dalam membenahi keuangan, baik sendiri maupun keluarga.

Di tahun baru ini juga bisa membuat target baru untuk urusan finansial.

Baca juga: Unesa Peroleh Rekomendasi Dirikan Fakultas Kedokteran

Lantas bagaimana tips mengatur keuangan awal tahun yang tepat?

Berikut sejumlah tips yang bisa diberikan dari Dosen Ekonomi UM Surabaya Fatkur Huda dalam mengatur keuangan di awal tahun, agar seseorang punya target dan keuangan yang sehat.

Pertama, kata dia, dengan cara menghitung ulang.

Untuk mewujudkan keuangan yang sehat di awal tahun, perlu dilakukan penghitungan ulang rencana keuangan yang telah dibuat.

Langkah ini selain untuk memastikan kembali rencana yang dibuat, juga untuk melakukan evaluasi pos perencanaan yang telah dibuat sepanjang tahun yang berlalu.

"Kita perlu menyiapkan kembali tabungan untuk anak, asuransi, bahkan untuk persiapan masa pensiun yang perlu dilakukan sejak dini," ujar dia dalam keterangannya, Senin (2/1/2023).

Kedua, meninjau investasi.

Momen awal tahun tentu menjadi ajang bagi banyak penyedia jasa investasi memberikan promosi besar. Namun tak semua investasi memiliki kecocokan dengan karakter diri seseorang.

Maka memaksimalkan awal tahun untuk meninjau portofolio atau investasi yang telah dimiliki menjadi penting untuk memastikan aset yang dimiliki masih memadai dan dipertahankan atau harus menjualnya untuk menentukan langkah investasi yang jauh lebih aman dan memiliki nilai tinggi.

"Usahakan untuk mengurangi investasi yang tidak berjalan dengan baik agar seseorang dapat mengurangi kewajiban membayar pajak," ucapnya lagi.

Baca juga: 18 Perguruan Tinggi Punya Jurusan Ilmu Hukum dengan Akreditasi Unggul

Ketiga, buat rencana belanja bulanan.

Salah satu strategi yang aman untuk menjaga keuangan adalah dengan merencanakan belanja bulanan berdasarkan catatan yang telah ditetapkan.

"Belanja bulanan menjadi salah satu pos perencanaan keuangan yang harus selalu dijaga konsistensinya, dengan begitu kita tidak akan asal dalam belanja. Apalagi dengan adanya promo yang menghantui kita di setiap awal tahun," ucapnya.

Keempat, alokasikan untuk dana sosial. Kebanyakan dari kita berpikir bahwa dana sosial dapat sewaktu-waktu dikeluarkan tanpa perlu mengalokasikan.

Padahal apabila direncanakan dengan baik dan mengalokasikanya, akan memberikan kemudahan kepada kita untuk mengeluarkannya.

Baca juga: Dua Sekolah Kedinasan Tanpa Syarat Tinggi Badan, Siap-siap Daftar 2023

"Alokasi dana sosial tidak akan membuat seseorang semakin pelit atau bahkan terlalu royal. Justru alokasi dana sosial akan terlaksana sebagaimana anjuran yang telah ditetapkan dalam perintah agama," tutup Fatkur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com