Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaleidoskop 2022: Sosok Muda Berprestasi dan Inspiratif Indonesia 2022

Kompas.com - 29/12/2022, 06:16 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Banyak sosok muda berpresasi dan inspiratif Indonesia yang terjadi di sepanjang 2022. Semua itu menjadi peristiwa penting bagi dunia pendidikan Indonesia.

Peristiwa itu mulai dari banyaknya siswa Indonesia yang meraih medali olimpiade atau prestasi di dalam maupun luar negeri maupun banyak siswa yang masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di usia muda.

Baca juga: 3 Sekolah Terbaik di Bandung dan Profil Singkatnya

Dengan adanya sosok muda inspiratid dan berprestasi, diharapkan muncul talenta muda lainnya yang bisa mengharumkan nama Indonesia, baik di dalam maupun luar negeri.

Berikut 10 sosok muda inspiratif dan berprestasi yang Kompas.com rangkum sepanjang 2022.

1. Siswa kelas 2 SD raih medali Olimpiade Matematika Asia Tenggara 2022

Muhammad Alisabian, murid kelas 2 SD Sekolah Cikal Serpong berhasil meraih medali perunggu dalam kompetisi Matematika Internasional, Southeast Asian Mathematical Olympiad (SEAMO) 2022, pada Maret 2022.

Prestasi ini diraihnya setelah berkompetisi dengan para murid lain dari 22 negara, baik dari Vietnam, Thailand, Australia, Uzbekistan dan lainnya.

Pendampingan orangtua, hingga kolaborasi yang baik antara sekolah dan orangtua dalam pengembangan minat, dikatakan menjadi salah satu pendorong Bian dalam meraih prestasi.

2. May jadi mahasiswa termuda Unpad pada usia 15 tahun

Maziyah Sakinah, gadis berusia 15 tahun 11 bulan berhasil diterima di Universitas Padjadjaran (Unpad) melalui jalur SNMPTN 2022.

Maziyah berhasil diterima di Prodi Teknik Pertanian Fakultas Teknologi Industri Pertanian Unpad.

Baca juga: 3 Sekolah Terbaik di Bogor dan Profil Singkatnya

Sebelum mementukan pilihan jurusan, May sudah melakukan riset dan penelusuran berbagai informasi seputar program studi tersebut. Menurutnya, prodi Teknik Pertanian memiliki prospek yang luas.

Selain itu, dia juga tertarik dengan materi yang dipelajari di prodi tersebut.

"Sudah riset banyak, pas lihat studinya saya sangat tertarik," kata May pada awal April 2022.

3. Mahasiswa Indonesia raih juara kompetisi peluncuran satelit di Amerika Serikat (AS)

Lima Mahasiswa Indonesia meraih juara tiga di ajang internasional bidang kedirgantaraan (aerospace), the American Astronautical Society Student CanSat Competition, Minggu (12/6/2022).

Ajang ini merupakan kompetisi bergengsi internasional rancang, bangun dan peluncuran satelit, pada bidang kedirgantaraan (aerospace) yang diumumkan di Blackburg, Virginia, Amerika Serikat.

Tim Indonesia bernama "Bamantara EEPISAT" yang berjumlah lima orang dan berasal dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) Indonesia.

Kelima mahasiswa itu adalah I Made Nugi Edwika Ariwigangga, Zulfikar Davbi Mahendra Fasya, Rafi' Jusar Wishnuwardana, Muhammad Aghist, dan Piko Permata Ilham Prasetyo.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat, Rosan Perkasa Roeslani menyampaikan rasa bangganya atas capaian tersebut.

Baca juga: Larangan Jual Rokok Batangan, Guru Besar Unair: Bukan Solusi yang Baik

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com