Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Sekolah Terbaik di Bogor dan Profil Singkatnya

Kompas.com - 27/12/2022, 17:17 WIB
Dian Ihsan,
Angela Siallagan

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Sejumlah sekolah di Indonesia masuk dalam pemeringkatan sekolah terbaik berdasarkan rerata nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022 versi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Dari daftar yang dikeluarkan pada Jumat (26/8/2022), ada beberapa sekolah di Kota maupun Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar) yang berhasil menyabet sekolah terbaik berdasarkan nilai UTBK 2022.

Baca juga: 5 Sekolah Terbaik di Surabaya, Yuk Intip Profilnya

Berikut 3 sekolah terbaik di Kota maupun Kabupaten Bogor berikut profilnya yang bisa menjadi acuan siswa mencari sekolah yang Kompas.com berhasil rangkum.

3 sekolah terbaik di Bogor

1. SMA Swasta Regina Pacis

SMA Swasta Regina Pacis berada di posisi pertama sebagai sekolah terbaik di daerah Bogor  berdasarkan nilai UTBK 2022 yang dikeluarkan LTMPT, dengan nilai UTBK 2022 sebesar 598,917.

Sedangkan di tingkat nasional, SMA ini berada di posisi 43.

Sekolah yang dipimpin oleh C. Retno Widayanti ini terletak di Jalan. Ir. H. Juanda nomor 2 Bogor, Jawa Barat.

Melansir laman resminya, SMA Regina Pacis Bogor didirikan pada tanggal 1 Agustus 1955, Jabatan Kepala Sekolah pada saat itu dipimpin oleh seorang Suster Misionaris dari Amerika Serikat bernama Sr. Berenice FMM.

Awalnya, sekolah ini hanya menerima murid putri saja, baru pada tahun ajaran 1962 menerima murid putra.

Sekolah memegang teguh pada pendidikan nilai atau karakter dalam membangun habitus bagi peserta didik.

Oleh karena itu, setiap peserta didik diajak untuk menuliskan satu 'Niat Suci' dan melakukannya secara konkrit baik di lingkungan sekolah, kelurga, dan masyarakat.

Baca juga: 4 Cara Gunakan KIP Kuliah Digital, Mahasiswa Harus Tahu

Dalam menjalankan proses belajar mengajar, tenaga pendidik berupaya menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan.

Selain itu, ada juga program diskusi kelompok di luar kelas, kegiatan pentas seni, kunjungan ke beberapa institusi pendidikan dan perusahaan, live in, latihan kepemimpinan, dan kegiatan lainnya.

Hal tersebut menjadi salah satu upaya kreatif sekolah agar peserta didik dapat belajar dengan baik dan memiliki wawasan luas.

SMA Swasta Regina Pacis juga melengkapi sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan belajar mengajar, seperti perpustakaan, ruang audio visual, ruang laboratorium bahasa, ruang diskusi, ruang multimedia, laboratorium kimia, laboratorium fisika, laboratorium biologi, ruang kelas dengan LCD projector, dan aula.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com