Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa UGM Dapat Beasiswa Moonton Games, asalkan Punya IPK 3,20

Kompas.com - 24/12/2022, 13:28 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Moonton Games melalui program Moonton Cares "Membina Sang Legenda" memberikan beasiswa kepada mahasiswa dan mahasiswi di Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Teknologi Yogyakarta, dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Itu demi mendorong kualitas pendidikan di Indonesia dan memberikan kesempatan generasi muda untuk berkarier di skena esports.

Baca juga: 3 Sekolah Terbaik di Bandung dan Profil Singkatnya

Moonton Games adalah perusahaan global yang didedikasikan untuk pengembangan game, publikasi, dan esports.

Saat ini, Mobile Legends: Bang Bang adalah gim nomor satu milik Moonton Games dan merupakan gim Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) terkemuka di seluruh dunia.

"Mahasiswa yang terpilih sudah melewati beberapa tahapan selama empat bulan mulai dari registrasi, wawancara, hingga pengumuman penerimaan beasiswa," ucap Public Relations & Communications Manager Moonton Indonesia, Azwin Nugraha dalam keterangannya, Sabtu (24/12/2022).

Perusahaan, kata dia, sangat termotivasi mendukung kebutuhan pendidikan yang diperlukan bagi mahasiswa di Indonesia, agar mereka dapat berprestasi secara akademis dan menjadi kontributor yang produktif bagi masyarakat melalui game dan esports.

Mahasiswa yang mengikuti program beasiswa ini dipatok beberapa persyaratan, seperti jurusan yang diambil relevan dengan industri esports atau game (desain grafis, bisnis, pemasaran, pengembangan game, dan teknologi informasi).

Lalu, mahasiswa memiliki IPK minimal 3,20 pada semester akhir, aktif dalam kegiatan organsasi baik di dalam maupun di luar kampus, serta memiliki prestasi akademik.

"Kami berharap dapat terus konsisten dalam mendukung ekosistem esports di Indonesia dan juga konsiten dalam berkontribusi bagi kelangsungan pendidikan," jelas dia.

Direktur Kemahasiswaan UGM. Dr. Sindung Tjahyadi menyatakan, dirinya mengucapkan terima kasih kepada Moonton atas kepedulian memberikan beasiswa untuk mahasiswa UGM.

Baca juga: Sosok Alfian, Alumnus Disabilitas Unair yang Jadi ASN di Kemendes PDTT

Dia menyebut, tahun 2019 - 2020 sebenarnya sudah berdiri Esport di UGM, tapi masih sebatas komunitas. Pihak UGM ke depannya akan mendorong esports menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

"Kami harapkan juga ada supporting sistem dari pemerintah untuk kurikulumnya. Sekali lagi saya ucapkan selamat untuk adik-adik penerima beasiswa, manfaatkan beasiswa dari Moonton ini secara optimal," jelas dia.

Salah satu mahasiswa penerima beasiswa Moonton dari FEB UGM, Hasna Hanasari mengaku merasa senang dan sekaligus bangga karena ada kesempatan beasiswa yang diberikan Moonton.

Baca juga: Alumnus UNS Ini Sukses Berbisnis dan Punya 2,9 Juta Follower di TikTok

Dengan adanya beasiswa ini, maka bisa memacu dirinya untuk bisa berkarier di industri esports dan games, baik di Indonesia maupun internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com