Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Perbedaan Bahasa Inggris British dan Bahasa Inggris Amerika

Kompas.com - 20/12/2022, 16:07 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meski sama-sama bahasa Inggris, namun bahasa Inggris yang biasa digunakan di British dan bahasa Inggris yang biasa digunakan di Amerika Serikat ada beberapa perbedaan lho.

Bagi penggemar film Harry Potter, tentu menyadari bahwa bahasa Inggris British mempunyai aksen yang khas. Hal ini menjadi salah satu perbedaan bahasa Inggris British dan bahasa Inggris Amerika.

Selain itu, ada beberapa perbedaan utama lainnya bahasa Inggris United Kingdom (UK) dan United States (US).

Melansir dari laman kursus bahasa Inggris English First (EF), Selasa (20/12/2022) membagikan informasi mengenai perbedaan bahasa Inggris British dan bahasa Inggris Amerika.

Yuk ketahui bersama perbedaannya.

Baca juga: Jangan Keliru, Ketahui 26 Istilah Kekinian Bahasa Inggris dan Artinya

Perbedaan bahasa Inggris British dan Amerika

1. Tata bahasa

Perbedaan pertama bahasa Inggris British dan Amerika terletak pada grammar atau tata bahasa yang digunakan. Grammar kedua bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi sehari-hari juga cukup berbeda.

Namun perbedaan ini bukan berarti salah satunya salah. Karena ini hanya masalah kebiasaan saja. Misalnya, orang Amerika terbiasa untuk menggunakan past simple tense dalam menjelaskan suatu kejadian yang baru saja terjadi.

Sementara itu, orang Inggris lebih suka menjelaskan hal yang sama dalam present perfect tense. Sebagai contoh, orang Amerika akan mengatakan, "I went to the theater," saat orang Inggris berkata, "I’ve been to the theatre".

2. Logat atau dialek

Logat atau dialek antara bahasa Inggris British dan bahasa Inggris Amerika menjadi perbedaan yang paling mudah diketahui. Perbedaan aksen atau logat berbicara bukan hal yang aneh. Bahkan, di beberapa wilayah baik di Amerika maupun di Inggris juga memiliki aksen yang berbeda.

Sebagai contoh, aksen Los Angeles dan aksen New York memiliki sedikit perbedaan. Sementara di negara Inggris, warga London mungkin memiliki aksen yang berbeda dengan warga Inggris yang tinggal di Manchester.

Perbedaan yang sangat mencolok antar kedua bahasa Inggris ini adalah pelafalan huruf "r". Warga Amerika masih melafalkan huruf "r" di setiap kata yang diucapkan, sedangkan warga Inggris tidak. Huruf "r" dalam bahasa Inggris British hanya dibaca jika huruf tersebut terletak di awal kata.

Baca juga: Cek Dokumen untuk Daftar PKN STAN, Lulus Bisa Jadi CPNS

3. Kosakata

Perbedaan lainnya dari bahasa Inggris British dan Amerika terletak pada kosakata yang digunakan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com