Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuliah Umum UBM, Prof. Krashen: Proses Belajar Mengajar Bahasa Tak Lepas dari Teknologi

Kompas.com - 17/12/2022, 14:41 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Melalui Studium Generale atau kuliah umum, Universitas Bunda Mulia (UBM) menghadirkan Profesor Emeritus bidang pendidikan dari University of Southern California, Amerika Serikat, Prof. Stephen D. Krashen pada bulan November 2022.

The UBM Studium Generale menjadi wadah bagi UBM untuk memberikan kesempatan para ahli internasional di berbagai bidang ilmu untuk menyajikan paparan bagi mahasiswa, tamu, dan juga dosen pengampu.

Prof. Stephen D. Krashen dipandang sebagai figur berpengaruh dalam bidang pembelajaran dan pemerolehan bahasa kedua (second language learning and acquisition) karena mencetuskan teori comprehensible input, teori yang masih sering digunakan dalam penelitian pemerolehan bahasa.

Prof. Stephen D. Krashen juga merupakan peneliti dan penulis yang sangat produktif dan telah mempublikasikan lebih dari 525 buku dan artikel jurnal.

Dalam pemaparannya, Prof. Krashen menjelaskan, bahasa tidak dapat dipisahkan dari kehidupan keseharian manusia. Wawasan dan pengetahuan mengenai gaya, karakteristik, dan cara pembelajaran tidak akan habis dibahas, terlebih di era digital ini.  

Baca juga: 3 Hal Penting supaya Presentasi dengan Bahasa Inggris Jadi Menarik

Saat ini proses belajar dan mengajar tidak dapat dipisahkan dari teknologi digital. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa dan dosen untuk menambah wawasan mengenai cara belajar dan mengajar bahasa dengan memanfaatkan teknologi digital.

"Era digital membantu kita dalam proses membaca dan menulis. Ini memberi kita semua bahan bacaan yang kita inginkan," ungkap Prof. Krashen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com