Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Hal Penting supaya Presentasi dengan Bahasa Inggris Jadi Menarik

Kompas.com - 16/12/2022, 10:59 WIB
Andia Christy,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Melakukan presentasi di depan umum menjadi sesuatu hal yang tak dapat dihindari di berbagai lingkup kehidupan manusia.

Ketika diharuskan menggunakan bahasa Inggris saat melakukan presentasi, tentu memiliki tantangan yang berbeda.

Tidak heran masih banyak yang belum memahami betul bagaimana membawakan presentasi bahasa Inggris dengan efektif karena tidak terbiasa menggunakan bahasa universal ini dalam kehidupan sehari–hari.

Marketing Communication Manager TBI Diah Pratiwi Soehendro mengatakan perlunya target pengembangan diri untuk bisa menonjol dalam pergaulan sehari-hari.

Baca juga: Belajar Presentasi Bahasa Inggris di Webinar TBI x Kompas.com, Yuk Daftar

Kurangnya waktu untuk berlatih menjadi hal yang tidak tepat.

"Kurangnya waktu untuk berlatih bahasa Inggris, terutama bagi mereka yang sudah bekerja atau melakukan aktivitas bisnis, ini yang salah. Padahal, saat ini hampir semua jenis pekerjaan mencantumkan keahlian berbahasa Inggris sebagai kriteria pokok," ucap Diah.

Sebab, bagi yang belum terbiasa atau familiar, bekal dan persiapan yang baik justru akan membantu ketika berkomunikasi pada saat presentasi.

Atas dasar itu, perlu tips-tips yang dapat dilakukan agar presentasi yang dilakukan menggunakan bahasa Inggris lebih menarik. Berikut rangkumannya.

Vokal dan tempo

1. Pertama, kamu harus memperhatikan vokal

Pastikan audiens dapat mendengarkan suara kamu sampai di ujung ruangan. Namun, jangan sampai teriak karena dapat membuat audiens tidak nyaman bahkan ketika sedang didengarkan.

“Kita bukan ibu guru atau bapak guru yang galak atau killer di kelas, tapi kita mau audiens situ merasa nyaman,” ucap guru The British Institute cabang Kelapa Gading James Silaban pada webinar English Day persembahan The British Institute (TBI) dan Kompas.com, Rabu (14/12/2022).

Buat perjanjian di awal dengan audiens sebelum memulai untuk presentasi yang durasinya lama. Misalnya, “Ketika saya bilang hai, audiens bilang hello.”

Hal itu dilakukan supaya audiens lebih memperhatikan dan memandang kamu sebagai sosok yang asik tanpa perlu berteriak.

2. Kedua, perhatikan tempo

Terdapat seseorang dengan tempo berbicara yang sangat cepat sehingga membingungkan pendengarnya.

“Kalau kita ngomong pelan-pelan, kita sendiri akan lebih tenang. Kalau kita tenang, audiens juga akan kebawa tuh. Akan tenang juga,” ucap James pada webinar bertemakan “Making Your Presentation More Interesting: Tips dan Trik Membuat Presentasi yang Lebih Menarik”.

Manfaat berikutnya ialah bisa ngomong dengan lebih jelas atau salah mengucapkan suatu kata. Semua akan lebih mengalir.

Baca juga: Ingin Lebih Lancar Bahasa Inggris? TBI: Bisa dengan Menonton Film

Bayangkan saja kamu sedang berjalan kaki di pantai. Tempo yang dilakukan tetap dan stabil. Namun, jika terdapat bahan-bahan yang perlu ditekankan bicaralah dengan tempo lebih lambat.

Strategic stressing

Supaya tidak terkesan membaca, kamu perlu yang namanya strategic stressing.

Stressing dalam Bahasa Inggris mengatur kapan terdapat penekanan, permainan nada, hingga harus memperlambat atau memperkeras ucapan.

Jika penekanannya berbeda, arti atau maknanya pun dapat berbeda. Maka, penting untuk memperhatikan 3 hal ini.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com