Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Jenis Kecerdasan Manusia dan Ciri-cirinya, Kamu yang Mana?

Kompas.com - 14/12/2022, 20:00 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Kecerdasan kerap dikaitkan dengan kemampuan akademik seseorang yang dibuktikan melalui nilai mata pelajaran. Nyatanya, jika dilihat lebih luas, ada banyak bidang di luar akademis yang membutuhkan kecerdasan maupun keahlian yang berbeda dari tiap individu.

Tokoh pendidikan sekaligus psikolog yang mencetus teori kecerdasan majemuk atau multiple intelligences Howard Gardner mengatakan ada 9 (sembilan) tipe kecerdasan pada manusia yang sangat mungkin untuk dikuasai bila diasah dengan baik.

Gardner pertama kali menguraikan teorinya dalam buku Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences di tahun 1983. Ia menyebut ada 9 (sembilan) tipe kecerdasan yang dimiliki oleh manusia dengan tingkat yang berbeda-beda.

Baca juga: 5 Ciri Kamu Termasuk Orang Cerdas, Bukan Hanya Dilihat dari IQ

Menurutnya, kecerdasan tidak hanya bisa diukur melalui nilai akademik. Selain itu, setiap orang sangat mungkin memiliki beberapa jenis kecerdasan sekaligus alias kecerdasan majemuk, baik kecerdasan intelektual maupun emosional.

Berikut 9 jenis kecerdasan manusia dan ciri-cirinya melansir laman Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes):

1. Kecerdasan naturalis (Naturalist Intelligence)

Pemilik jenis kecerdasan ini umumnya lebih menonjol dalam hal mengenali, mengetahui perbedaan, atau mengelompokkan sesuatu yang ditemui di alam maupun lingkungan sekitarnya.

Kalau kamu bisa merasakan akan turun hujan bahkan sebelum langit terlihat mendung, atau bisa membedakan ketumbar dan lada dengan mudah, kemungkinan kamu memiliki kecerdasan naturalis yang mempunyai skill bertahan hidup yang tinggi di alam.

Baca juga: 6 Tanda Anak Cerdas Secara Emosional dan Cara Mengoptimalkannya

2. Kecerdasan musikal (Musical Intelligence)

Kalau kamu menyukai hal-hal yang berkaitan dengan nada, suara, atau pola, itu artinya kamu mempunyai kecerdasan musikal.

Seseorang yang memiliki kecerdasan musikal akan lebih mudah memodifikasi, mengenali, atau membuat karya musik.

Kecerdasan ini biasanya juga berhubungan dengan kemampuan matematis. Pasalnya, musik dan matematika saling berkaitan dalam proses berpikir.

3. Kecerdasan logika (Logical-mathematical Intelligence)

Orang dengan kecerdasan ini akan senang memecahkan masalah dengan melakukan analisis serta hubungan sebab-akibat.

Mereka percaya bahwa solusi terbaik bisa didapatkan dari pendekatan ilmiah.

Ilustrasi berpikir positifMax4e Photo Ilustrasi berpikir positif

4. Kecerdasan eksistensial (Existential Intelligence)

“Bagaimana planet ini tercipta?”

“Apakah alien akan menguasai Bumi?”

Kalau kamu sering memiliki pertanyaan retoris dan filosofis seperti itu, kemungkinan kamu memiliki kecerdasan eksistensial.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com