Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Cerita Alumnus Pascasarjana Prasmul yang Menemukan Proyeksi Kariernya berkat Studi

Kompas.com - 14/12/2022, 10:58 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menciptakan dan mengembangkan proyeksi karier yang sesuai dengan minat atau passion bisa dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya dengan menempuh pendidikan pascasarjana.

Hal tersebut telah diimplementasikan oleh Nurani Agustina, salah satu mahasiswi lulusan Universitas Prasetiya Mulya (Prasmul).

Ia memutuskan untuk melanjutkan studi sambil bekerja dengan harapan bisa mengembangkan diri dalam karier profesionalnya di PT Bank Central Asia Tbk atau BCA.

Namun, akibat pandemi Covid-19 pada 2020, Prasmulyan (sebutan untuk mahasiswa Prasmul) ini harus menjalani studi pilihannya secara online selama dua tahun.

“Kebetulan nih, angkatan di masa pandemi jadi selama dua tahun ini full online,” ujar Nurani dikutip dari ceritaprasmul.com, Senin (5/12/2022).

Baca juga: Sisi Positif Harbolnas, Tak Sekadar Pesta Belanja Lho

Sebagai angkatan online, ia mengaku bahwa terdapat sisi positif dan negatif dibandingkan mahasiswa angkatan lain yang merasakan kuliah offline.

Pada satu sisi, kata Nurani, dirinya sedikit kesusahan dalam mengatur waktu, tetapi di sisi lain juga bisa menghemat waktu perjalanan.

Nurani Agustina, salah satu mahasiswi lulusan Universitas Prasetiya Mulya (Prasmul).
DOK. ceritaprasmul.com Nurani Agustina, salah satu mahasiswi lulusan Universitas Prasetiya Mulya (Prasmul).

Menurutnya, menjalani semua kegiatan perkuliahan di platform online bukanlah menjadi masalah.

“Sejauh ini, sejak join, rasanya itu nggak ada masalah atau hambatan untuk networking. Keakraban tetap terjalin meskipun kuliahnya didominasi online,” ujar peraih Best Academic in Program dalam Wisuda Prasetiya Mulya pada 6 Desember 2022.

Ia mengungkapkan, berkomunikasi dan berhubungan secara online perlahan menjadi salah satu bagian besar dalam kehidupan masyarakat.

Baca juga: Jangan Salah Strategi, Ini 8 Tips Berkomunikasi dengan Anak

Meski dahulu terkesan malas, sebut Nurani, masyarakat kini dipaksa networking secara online. Hal ini bisa memberikan pandangan baru bahwa dalam menjalin hubungan baik tetap bisa dilakukan dari mana saja.

Terlebih, saat bergabung dengan MM Strategic Management, perempuan yang bekerja di divisi Credit Recovery BCA ini mengaku menemui banyak rekan-rekan mahasiswa memiliki segudang pengalaman.

Dari berbagai pengalaman tersebut, Nurani dan rekannya pun sepakat mengadakan sharing bersama untuk bertukar pikiran dan berdiskusi.

“Relasi juga semakin banyak, di semua bidang kami punya,” ujar Nurani.

Dialog tersebut, lanjut dia, tidak hanya terjadi antarmahasiswa semata. Dosen juga ikut berpartisipasi dalam bertukar pikiran.

Baca juga: Bertemu Gubernur NTB di Mataram, AHY: Silaturahmi, Bertukar Pikiran sebagai Sahabat

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com