Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI GreenMetric Rilis 10 Kampus Terhijau di Indonesia 2022

Kompas.com - 13/12/2022, 11:17 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - UI GreenMetric World University Rankings 2022 kembali mengumumkan kampus berkelanjutan terbaik di dunia, Senin (12/12/2022).

Untuk tingkat nasional, Universitas Indonesia (UI) berhasil meraih predikat sebagai Kampus Berkelanjutan Terbaik atau kampus terhijau.

Posisi kedua ditempati oleh Universitas Diponegoro (Undip) dan tempat ketiga ialah Universitas Gadjah Mada (UGM).

Adapun UI GreenMetric merupakan satu-satunya pemeringkatan perguruan tinggi internasional yang dibuat oleh perguruan tinggi Indonesia.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran UGM dan UI, Berapa UKT-nya?

Melansir laman resmi UI, UI GreenMetric menjadi inovasi UI yang dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi pada pengelolaan lingkungan hidup kampus.

Saat ini, UI GreenMetric of World Universities semakin mendunia dan semakin banyak diikuti oleh perguruan tinggi di berbagai negara.

Tahun ini, peserta mencapai 1.050 universitas dari 85 negara di dunia. Sedang di Indonesia ada 126 Perguruan Tinggi yang telah berpartisipasi dalam UI GreenMetric.

Penilaian UI GreenMetric 2021 dilandasi atas tiga pilar, yakni Lingkungan hidup, Economi, dan sosial dengan bobot indikator penilaian yang terdiri:

  • Keadaan dan Infrastruktur Kampus (15 persen)
  • Energi dan Perubahan Iklim (21 persen)
  • Pengelolaan Sampah (18 persen)
  • Penggunaan Air (10 persen)
  • Transportasi (18 persen)
  • Pendidikan dan Riset (18 persen)

Menurut Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D., pemeringkatan UI GreenMetric 2022 yang berasal dari UI sudah mendunia seperti saat ini.

Baca juga: Ingin Masuk PTN 2023? Ketua Majelis Rektor Bagikan 4 Tips Jitu

"Tahun ini proses belajar-mengajar sudah berjalan ekstensif, kembali memanfaatkan infrastruktur kampus. Berbagai inovasi telah dilakukan dengan penyesuaian kebiasaan baru agar lebih bersih, sehat, dan lestari," ujarnya dikutip dari laman UI.

Dijelaskan, pengelolaan perguruan tinggi untuk menjadi pusat perwujudan ekonomi hijau terus dilakukan. Dampak kegiatan kampus bagi lingkungan hidup, sosial, dan ekonomi masyarakat diupayakan dalam banyak program yang diinisiasi dosen.

Selain itu, kerja sama antar perguruan tinggi dunia maupun di Indonesia terlihat dari antusiasme untuk berpartisipasi dalam pemeringkatan ini dan melakukan transformasi di kampusnya.

Kampus terhijau di Indonesia

Berikut ini 10 perguruan tinggi berkelanjutan terbaik di Indonesia yang punya lingkungan terhijau.

1. Universitas Indonesia

2. Universitas Diponegoro

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com