Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Jurusan Paling Dicari di Revolusi Industri 4.0, buat Referensi

Kompas.com - 11/12/2022, 14:21 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Ada banyak jurusan yang banyak dicari di era revolusi 4.0 dan bisa buat referensi calon mahasiswa saat mendaftar seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2023.

Semua jurusan yang dicari selama revolusi Industri 4.0 ini bisa dipilih baik saat Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2023.

Kira-kira jurusan apa saja yang paling dicari di era revolusi Industri 4.0? Berikut daftarnya dilansir dari laman perusahaan EduTech, Sevima.

1. Teknologi informasi

Jurusan Teknologi Informasi termasuk salah satu jurusan yang banyak dicari di era revolusi industri 4.0. Sebab, jurusan ini menunjang kemajuan teknologi di masa depan.

2. Akuntansi

Salah satu jurusan yang tidak pernah sepi peminat adalah Akuntansi. Jurusan yang satu ini menjadi salah satu jurusan yang selalu dibutuhkan oleh perusahaan dan semua instansi besar.

Baca juga: 15 Jurusan Kuliah yang Banyak Dicari Perusahaan BUMN

Sebab, pekerjaan para akuntan adalah mengatur keuangan perusahaan agar tetap terus bergerak meski dalam situasi ekonomi yang buruk sekalipun.

3. Kedokteran

Walaupun berganti era, kebutuhan medis di era revolusi industri tetap berjalan. Untuk itu, memilih jurusan kedokteran saat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 akan sangat cocok bagi calon mahasiswa.

4. Hukum

Peluang kerja lulusan Ilmu Hukum tetap banyak dicari perusahaan besar, pemerintah, dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Sebab, perusahaan membutuhkan legal dan orang yang memahami urusan dokumen berkaitan dengan hukum. Karena itu lulusan ini masih banyak dicari di era revolusi Industri 4.0.

5. Teknik Mesin

Jurusan Teknik Mesin juga cocok dipilih jika siswa mendaftarkan diri di seleksi PTN 2023.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com