Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sosok Prof. Gudono, Calon Besan Jokowi Pernah Jadi Guru Besar UGM

Kompas.com - 10/12/2022, 11:16 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sosok Prof. Gudono sudah tak asing lagi bagi sivitas akademika Universitas Gadjah Mada (UGM). Dia pernah menjadi Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM.

Prof. Gudono akan menjadi besan Presiden Jokowi, setelah putra Jokowi Kaesang Pangarep menikah dengan Erina Gudono, yang merupakan anak dari Prof. Gudono.

Baca juga: Kiat Erina Gudono Kuliah di Kampus Top Dunia: Belajar 30 Jam

Mengutip laman UGM, Sabtu (10/12/2022) memberitahukan Prof. Gudono telah mengabadikan diri lebih dari 25 tahun di UGM.

Berbagai banyak jabatan fungsional dan struktural yang pernah diemban Prof. Gudono.

Salah satunya pernah menjabat sebagai Wakil Rektor bidang Administrasi dan Pengembangan SDM UGM periode 2002-2004.

Selain itu, Prof. Gudono juga pernah menjabat sebagai Pejabat Struktural Eselon III A di BPK RI 2006-2010.

Beberapa penghargaan telah diraih Prof. Gudono, di antaranya Satyalancana Karya Satya XX tahun dari Presiden RI 2013 dan Piagam Penghargaan Kesetiaan 25 Tahun dari Rektor UGM pada 2013.

Prof. Gudono sendiri merupakan pria kelahiran Semarang pada 26 Mei 1963. Dia meninggal dunia pada 23 Juli 2016 pukul 03.00 WIB pada usia 54 tahun akibat serangkan jantung di RSCM Jakarta.

Setelah meninggal dunia, Prof. Gudono meninggalkan empat orang anak.

Saat meninggal dunia, perwakilan dari ahli waris almarhum, Muhaimin mengucapkan terima kasih kepada BPK serta UGM yang telah membantu pengurusan jenazah dari Jakarta hingga ke ke tempat peristirahatan terakhir.

Baca juga: 5 Posisi Pekerjaan yang Banyak Dicari Perusahaan Versi JobStreet

Dia pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Sinduadi yang telah hadir dan membantu proses pemakaman.

"Apabila selama almarhum hidup melakukan kesalahan baik disengaja maupun tidak disengaja, kami memohonkan maaf kepada bapak dan ibu, agar saat menghadap Allah tidak ada beban apa pun," jelas Muhaimin.

Dekan FEB UGM pada saat itu, Prof. Wihana Kirana Jaya juga kehilangan sosok Prof. Gudono. Dia berbela sungkawa atas kepergian beliau.

"Fakultas Ekonomika dan Bisnis kehilangan seorang tokoh besar, seorang profesor dan dosen Jurusan Akuntansi, semoga beliau husnul khatimah," jelas Prof. Wihana.

Pada siang nanti, almarhum Prof. Gudono akan menjadi besan Jokowi. Setelah anaknya, Erina Gudono dan Kaesang mengucapkan janjinya di hadapan Allah SWT, penghulu, wali nikah, saksi maupun lainnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com