Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/12/2022, 07:29 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Dalam pemeringkatan versi Unesa-Dimetric (Disability Inclusion Metrics) tahun 2022, Universitas Negeri Semarang (Unnes) masuk peringkat 9 perguruan tinggi di dunia paling ramah disabilitas.

Adapun pemeringkatan tersebut diikuti sebanyak 125 perguruan tinggi di dunia. Pengumuman pemeringkatan dilakukan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) secara hybrid, Kamis (8/12/2022).

Atas pencapaian tersebut, Rektor Unnes Prof. S. Martono mengapresiasi karena Unnes meraih rangking 9 dunia dengan skor 70,61 sebagai kampus ramah disabilitas versi pemeringkatan Unesa-Dometric.

Baca juga: Mahasiswa Unnes Inovasi Alat Deteksi Kantuk Pengemudi, Begini Cara Kerjanya

Tentunya, dengan memperoleh prestasi ini bisa dapat memotivasi Unnes untuk bisa lebih mengembangkan lingkungan kampus ramah disabilitas.

"Unnes berkomitmen untuk terus mewujudkan lingkungan kampus yang ramah bagi penyandang disabilitas," ujar Prof. Martono.

Rektor juga menjelaskan pihaknya telah menerima mahasiswa disabilitas dan terus berusaha melengkapi sarana dan prasarana agar aman dan nyaman bagi penyandang disabilitas.

"Unnes terbuka bagi siapa saja yang ingin berkuliah. Unnes juga menjamin mahasiswa disabilitas untuk mengikuti kuliah dengan nyaman," jelasnya.

Adapun Unesa-Dimetric merupakan pemeringkatan kampus ramah disabilitas pertama di dunia. Tentu tujuannya untuk mewujudkan lingkungan pendidikan yang ramah bagi penyandang disabilitas.

Tak hanya itu saja, dari pemeringkatan itu juga untuk mengupayakan terciptanya inovasi program dan pertukaran ide dalam mendukung pendidikan yang SETARA (Sustainable, equality, accountable dan responsible).

Terdapat 10 indikator yang digunakan dalam penilaian yang meliputi:

1. kepemimpinan

2. perencanaan strategis

3. kebijakan khusus inklusi

4. kelembagaan

5. kerja sama organisasi disabilitas

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com