Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2022, 17:06 WIB

KOMPAS.com - Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah ASEAN University Games (AUG) 2024 yang akan diselenggarakan di Surabaya dan Malang.

ASEAN University Games merupakan ajang kompetisi olahraga untuk para atlet dari berbagai universitas ASEAN yang diadakan setiap 2 tahun oleh ASEAN University Sport Council (AUSC) sejak tahun 1981.

AUG 2024 rencananya akan dilaksanakan dari bulan Juli ketika libur semester mahasiswa.

AUG 2024 akan digelar di 9 perguruan tinggi di Jawa Timur yang terdiri dari 5 universitas di Surabaya dan 4 universitas di Malang.

Baca juga: 14 Kampus Swasta Indonesia Terbaik se-Asia Versi QS AUR 2022

Universitas yang siap menjadi tuan rumah AUG 2024 antara lain Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Universitas Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, dan Universitas Islam Malang.

Adapun rencana 18 cabang olahraga yang akan dipertandingkan meliputi Athletic, Tennis, Petanque, Basket 5×5, Basket 3×3, Handball, Futsal, Wushu, Karate, Judo, Taekwondo, Chess, Bridge, Archery, Voli Pasir, Voli Indoor, Badminton, Pencak Silat.

Ingin lebih banyak atlet dari kalangan mahasiswa

Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Suharti menyampaikan bahwa AUSC memiliki peran yang sangat penting dan strategis untuk masa depan, terutama dalam meningkatkan kerja sama dan mengembangkan minat dan bakat serta prestasi olahraga di kalangan mahasiswa di negara-negara ASEAN.

Beberapa mahasiswa di ASEAN telah meraih prestasi tertinggi di bidang olahraga dengan meraih medali di Olimpiade.

Baca juga: 5 Ciri Kamu Termasuk Orang Cerdas, Bukan Hanya Dilihat dari IQ

“Di Indonesia sebagai contoh, atlet mahasiswa Windy Cantika berhasil meraih medali perunggu di ajang 49 kg Weightlifting Olympic Games 2020 Tokyo, Jepang. Kami juga ingin untuk ke depannya akan semakin banyak atlet dari perguruan tinggi yang bisa meraih medali Olimpiade,” tutur Suharti dilansir dari laman Dikti Kemendikbud.

Suharti menambahkan bahwa kontribusi atlet dari perguruan tinggi di Indonesia terhitung sebanyak 30 persen dari atlet peraih medali di Asian Games Jakarta-Palembang 2018.

Suharti berharap bahwa ke depan AUSC dapat memainkan peran yang lebih besar dalam mengembangkan kepemimpinan olahraga, meningkatkan kesadaran akan pentingnya kegiatan olahraga untuk meningkatkan kebugaran fisik pada mahasiswa dan kerja sama antaruniversitas untuk pengembangan penelitian dan ilmu pengetahuan di bidang olahraga di antara negara-negara anggota.

Pelaksana tugas Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud Ristek Sri Gunani Pratiwi yang bertindak sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat BAPOMI (Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia) mengungkapkan bahwa saat ini seluruh delegasi baik dari ASEAN University Sports Council (AUSC) dan delegasi dari federasi anggota AUSC telah melihat kesiapan pelaksanaan ASEAN University Games tahun 2024 di Indonesia.

Baca juga: 5 Beasiswa S2-S3 Tanpa Batas Usia 2023, Kuliah Gratis dan Uang Saku

“Bapak Ibu Delegasi telah melihat fasilitas, sarana dan prasarana dari venue-venue cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada AUG 2024. Kami menerima masukan, saran dan arahan dari Bapak Ibu delegasi untuk kesiapan kami dalam menjadi tuan rumah ASEAN University Games (AUG) tahun 2024,” ucap Sri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+