Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2022, 14:40 WIB

KOMPAS.com – Meneruskan studi ke  jenjang yang lebih tinggi merupakan salah satu keinginan semua pelajar yang berada di tingkat akhir Sekolah Menengah Atas (SMA).

Namun, lulusan SMA terkadang juga dihadapkan dengan kondisi ekonomi keluarga yang kurang mendukung. Untuk itu, tak jarang lulusan SMA lebih memilih bekerja dulu ketimbang langsung kuliah.

Meski demikian, lulusan SMA bisa mendapatkan masalah baru dalam mencari pekerjaan karena kualifikasi tamatan SMA dianggap tidak memadai.

Sebab, saat ini perusahan lebih memilih calon pekerja yang sudah lulus dengan minimal menyandang gelar Diploma Tiga (D3).

Oleh karena itu, salah satu solusinya, yakni dengan mengambil kuliah sambil bekerja. Saat ini, sudah banyak kampus di Indonesia yang membuka kelas untuk karyawan, khususnya di Jakarta.

Baca juga: Wujudkan Karier Impian dengan Kuliah di Universitas BSI Jalur Gelombang Khusus

Salah satu perguruan tinggi yang membuka kelas karyawan adalah Kampus Digital Kreatif Universitas Bina Sarana Informatika (BSI).

Rektor Universitas BSI Mochamad Wahyudi mengatakan, pihaknya sebagai Kampus Digital Kreatif mempunyai akreditasi yang baik.

Saat ini, Universitas BSI sedang membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), khususnya untuk kelas karyawan, periode Maret 2023.

“Hal ini untuk membantu mereka yang ingin kuliah sembari bekerja,” ujarnya.

Head of Marketing and Communication (Marcom) Universitas BSI Achmad Baroqah Pohan menambahkan, saat ini Universitas BSI telah membuka PMB gelombang kedua untuk kuliah pada Maret 2023.

“Saat ini, pendaftaran kelas karyawan, telah memasuki gelombang kedua yakni tanggal 6 Desember 2022 hingga 4 Januari 2023. Nantinya, kelas karyawan pada Maret 2023 akan melakukan perkuliahannya pada hari Jumat dan Sabtu,” ungkapnya.

Adapun program studi (prodi) yang dibuka untuk periode Maret 2023, di antaranya Teknologi Informasi (S1), Sistem Informasi (S1 dan D3), Manajemen (S1), Ilmu Komunikasi (S1), dan Penyiaran/Broadcasting (D3).

Baca juga: Universitas BSI Luncurkan Solusi Kreatif Daftar Kuliah Tanpa Ribet

Untuk pendaftaran PMB Universitas BSI periode Maret 2023, calon peserta dapat mengunjungi laman pendaftaran.bsi.ac.id atau melalui aplikasi mobile PMB UBSI yang dapat diunduh di Playstore.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+