Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2022, 11:48 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengumumkan maskot bernama "Sura" dan "Sulu" sebagai maskot resmi untuk Pemilihan Umum 2024.

Desain maskot tersebut merupakan karya dari Mahasiswa Universitas Pradita yang diikutsertakan lomba desain Maskot Pemilu 2024 pada 22 Agustus - 22 Oktober 2022.

Baca juga: Rektor Minta Lulusan Unair Jangan Minder

Desain maskot bernama "Sura" dan "Sulu" merupakan hasil karya Stephanie, Mahasiswi Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Pradita.

Desain tersebut terpilih sebagai maskot resmi Pemilihan Umum 2024 yang dipilih dewan juri dari KPU RI.

Desain dari Stephanie mengalahkan 681 desain dari 540 orang yang mengikuti lomba.

"Untuk desain awal, saya pake burung garuda karena saya kira melekat dengan Indonesia. Lagi pula, kalau pakai makhluk hidup bisa lebih aktif dan lebih dekat dengan manusia. Jadi, saya menggunakan makhluk hidup," kata Stephanie dalam keterangannya, Jumat (9/12/2022).

Rektor Universitas Pradita, Prof. Richardus Eko Indrajit mengatakan, dirinya selalu mendorong dan memberikan motivasi kepada mahasiswa, agar terlibat langsung dalam berbagai aktivitas industri semasa mereka belajar di kampus.

Sejak semester satu, mahasiswa bersama dosen harus mampu menjalin hubungan dengan industri terkait serta program dan bidang studi mereka.

"Keberhasilan mahasiswa semester 3 jurusan DKV dalam meraih prestasi sebagai pemenang lomba Maskot KPU membuktikan bahwa generasi muda Indonesia adalah individu yang hebat," jelas dia.

Baca juga: Syarat dan Tahapan Masuk IPDN, Lulus Bisa Jadi Camat hingga Gubernur

Dia menegaskan, sudah menjadi tanggung jawab dari pimpinan kampus dan dosen dalam mencari serta menempa bakat serta talenta dari para manusia muda ini (mahasiswa).

"Karena bimbingan langsung dari dosen mahasiswa memiliki pengalaman," ujar dia.

Dia berharap, lewat kompetisi ini mahasiswa tidak hanya dapat meraih pengalaman, menggali dan mengembangkan potensi, tetapi juga dapat langsung menerapkan ilmu yang sudah didapat di perkuliahan ke praktik dunia nyata.

Baca juga: 30 BUMN Buka 890 Lowongan Kerja untuk Lulusan Diploma, S1, dan S2

KPU RI sudah resmi meluncurkan maskot resmi Pemilu 2024 dalam kegiatan konsolidasi nasional yang melibatkan sekitar 6.000 personel KPU tanah air di Ancol, Jakarta, pada 1-3 Desember 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+