Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2022, 11:20 WIB

 


KOMPAS.com - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mengumumkan 22 kampus dalam dan luar negeri yang ramah bagi mahasiswa disabilitas.

Melalui Unesa - Dimetric (Disability Inclusion Metrics) yang diluncurkan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) pada 15 Agustus 2022 dan diikuti 125 perguruan tinggi di dunia menghasilkan nama-nama kampus yang bisa dijadikan referensi calon mahasiswa disabilitas mencari kampus terbaik.

Ketua Satuan Klasterisasi dan Pemeringkatan Psrguruan Tinggi Unesa, Prof Nadi Suprapto mengatakan ada beberapa indikator mengukur kampus ramah disabilitas.

Baca juga: Ingin Kerja di Perusahaan Migas? Pertimbangkan 4 Jurusan Kuliah Ini

"Ada 10 indikator yang digunakan dalam penilaian meliputi kepemimpinan, perencanaan strategis, kebijakan khusus inklusi, kelembagaan, kerja sama organisasi disabilitas, sarana-prasarana, akomodasi yang layak, siswa-karyawan, pendidikan dan penelitian-pengabdian masyarakat,” terang ketua Unesa-Dimetric tersebut.

Unesa-Dimetric sendiri merupakan pemeringkatan kampus ramah disabilitas pertama di dunia.

Tujuannya untuk mewujudkan lingkungan pendidikan yang ramah bagi penyandang disabilitas.

Selain itu, juga untuk mengupayakan terciptanya inovasi program dan pertukaran ide dalam mendukung pendidikan yang Setara (sustainable, equality, accountable dan responsible).

Prof Nadi mengatakan program ini merupakan langkah awal untuk menciptakan kampus yang ramah disabilitas. “Dimetric ini merupakan aksi nyata dari komitmen Unesa untuk sama-sama mewujudkan aksesibilitas dan kualitas layanan untuk mereka yang disabilitas,” ujarnya.

Terpilihnya 125 perguruan tinggi ini melalui tahapan registrasi mulai 15 Agustus hingga 2 November 2022 lalu. Kemudian, tahap penilaian berlangsung pada periode 7 November 2022.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran UI, UGM, Unair, Undip, dan Unpad 2022

Berikut 20 kampus dalam dan luar negeri yang ramah bagi mahasiswa disabilitas:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+