Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2022, 16:29 WIB

KOMPAS.com - Berkreasi sambil memupuk prestasi dan pengalaman bisa diraih siapa saja selama ada kemauan, tanpa terbatas usia maupun gender.

Hal tersebut yang berhasil ditorehkan oleh Medelyn Angel Hartono, salah satu mahasiswi Sarjana Strata 1 (S1) Product Design Engineering (PDE) Universitas Prasetiya Mulya (Prasmul).

Perempuan yang dikenal dengan nama Medelyn ini sudah cukup lama bergelut dalam dunia desain. Ia memulai kariernya sebagai desainer bahkan sejak duduk di bangku kuliah.

Tak hanya karena jurusannya, alumnus Prasmul angkatan 2018 tersebut sering diamanatkan tanggung jawab mengenai visual dalam kegiatan kepanitiaan dan juga berbagai macam kompetisi.

Baca juga: Semarakkan Sail Tidore 2022, Kementerian KP Gelar Kompetisi Fotografi Bawah Air

“Salah satu ideku di lomba Bina Nusantara (Binus) Kampus Alam Sutera (ASO) dan menang penghargaan Most Favorite Idea adalah membuat kacamata “CU Glasses” yang dilengkapi peta digital dan bisa mengarahkan pengendara. Alat ini tujuannya untuk mengurangi risiko kecelakaan dan memudahkan ojek online (ojol),” ucap Medelyn seperti diwartakan ceritaprasmul.com, Senin (5/12/2022).

Selain itu, karya CU Glasses buatannya juga dipakai dalam kompetisi Innofair dan berhasil memenangkan Most Innovative Idea.

Innofair adalah ajang tahunan yang diadakan oleh Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika (STEM) Prasetiya Mulya Innovation Student Organization (SISO).

Tak hanya CU Glasses, gadis yang beberapa kali mendapatkan beasiswa dari Prasmul itu juga membuat sebuah proyek, yaitu Kursi Ma’doko yang terinspirasi dari Rumah Tongkonan.

Rumah Tongkonan merupakan tempat singgah dengan penghuni yang biasa duduk bersama di lantai untuk musyawarah.

Prasmul menganggap karya yang berbalut dengan kearifan dan budaya lokal tersebut sebagai potensi.

Baca juga: Hidupkan Budaya Inovasi, SKSG UI Gelar Kompetisi Nasional “TMTIC 2022”

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+