Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2022, 15:20 WIB

KOMPAS.com - Nilai rata-rata TOEIC (Test of English for International Communication) siswa SMK peserta kegiatan Sertifikasi Internasional TOEIC tahun 2022 mengalami peningkatan signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

“Peningkatan nilai rata-rata TOEIC siswa SMK dari 443 pada tahun 2021 ke 491 pada tahun 2022 adalah kenaikan yang sangat signifikan," ungkap Syaeful Wahidiat, Senior Program Manager International Test Center (ITC).

Hal ini disampaikan Syaeful dalam acara "Penganugerahan Penghargaan Siswa, Guru, dan SMK Berprestasi 2022" yang digelar Direktorat SMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek pada 7 Desember 2022 secara daring melalui zoom dan kanal youtube resmi Direktorat SMK.

"Untuk meningkatkan satu point score TOEIC saja itu memerlukan upaya yang luar biasa. Sehingga ketika kami melihat adanya loncatan seperti ini, kami sangat bangga,” ungkap Syaeful Wahidiat.

Hal senada diungkapkan Direktur Wardhani Sugiyanto yang menyampaikan kegembiraannya atas penerimaan dan pencapaian dari program Sertifikasi TOEiC di SMK tahun ini.

Ia juga menekankan pentingnya melengkapi kompetensi kejuruan yang handal dengan kemampuan berkomunikasi secara internasional agar lulusan SMK mampu meraih setiap kesempatan yang ada di dunia kerja global.

Menutup sambutan, Wardhani juga mengajak seluruh stake holder SMK untuk bersama-sama memberikan bantuan, khususnya bagi  siswa SMK di daerah yang memiliki potensi besar namun tidak tersentuh Direktorat SMK karena keterbatasan anggaran.

Anugerah Siswa, Guru, dan SMK Berprestasi

Dalam kesempatan tersebut, CEO International Test Center, Jenny Lee mengungkapkan, animo dan antusiasme SMK di Indonesia terhadap program ini setiap tahunnya sangat luar biasa.

"Hal ini mengindikasikan adanya perkembangan kesadaran pada sektor SMK mengenai pentingnya penguasaan bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris dalam menunjang daya saing SMK di dunia kerja global," kata Jenny Lee.

Baca juga: Ingin Belajar Bahasa Inggris Bisnis? Daftar Webinar TBI x Kompas.com

Jenny juga menyampaikan, sertifikasi internasional seperti TOEIC akan membuka pintu peluang masa depan yang lebih sukses bagi angkatan kerja global, termasuk siswa atau lulusan SMK di Indonesia.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+