Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2022, 13:37 WIB

KOMPAS.com - Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia (SKSG-UI) menyelenggarakan kompetisi tingkat nasional “Three-Minute Telling-Innovation Competition (TMTiC) 2022” dengan tema “Inovasi & Daya Cipta untuk Indonesia Emas 2045: 100 Tahun Kemerdekaan”.

Puncak acara dan final penjurian TMTiC 2022 tingkat nasional digelar di Gedung Apung, Danau Kenanga Perpusatakaan UI, pada Rabu, 7 Desember 2022 dan dibuka resmi oleh Direktur SKSG-UI Athor Subroto.

Kompetisi tingkat nasional TMTiC 2022 diselenggarakan sebagai beentuk tanggung jawab Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia untuk terlibat dan turut serta menghidupkan tren dan budaya berinovasi di Indonesia.

Dari 33 video yang dinilai memenuhi syarat, tim juri memilih sembilan video yang dinilai paling inovatif untuk memperebutkan kejuaraan dari tiga kategori.

Juara pertama TMTiC 2022 diraih Anisa Anggraeni (mahasiswa S2), ArsantoTriwidodo (mahasiswa S3), dan Rudi Hartono (umum).

Untuk juara 2 masing-masing Iman Budi Hartono (mahasiswa S2), Kol Kal Wempy Pasaribu (mahasiswa S3) dan Kol. Arh Nur Rachman Supadmana (umum). Juara 3 diraih Herwan Hadi (mahasiswa S2), Musa (mahasiswa S3) dan Rulaa Azzah Amalia (umum).

Inovasi tiada henti

Ketua Panitia Nasional TMTiC 2022 Henny Saptatia dalam keterangan pers menyebutkan SKSG-UI menyadari Indonesia perlu melakukan inovasi tiada henti untuk mempersiapkan bangsa dan negara ini menuju Indonesia Emas 2045.

"Keempat pilar tersebut yakni pembangunan manusia serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, pembangunan ekonomi berkelanjutan, pemerataan pembangunan, serta pemantapan ketahanan nasional dan tata kelola kepemerintahan," jelas Henny.

“Indonesia optimis dengan sebutan Indonesia Emas untuk tahun 2045, karena pada tahun di mana Indonesia merayakan peringatan kemerdekaan ke-100 tahun, bangsa dan negara ini diproyeksikan akan mengalami capaian tertingginya pada abad ini,” lanjutnya.

Baca juga: Praktisi: Inovasi Pembelajaran di Sekolah Butuh Dukungan Pemerintah

Menurut Henny, untuk mencapai Indonesia emas, inovasi adalah satu di antara faktor terpenting pada berbagai lini strategis bagi suatu negara dan bangsa yang ingin menunjukkan dan mempertahankan eksistensinya di arena global.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+