Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2022, 09:20 WIB

KOMPAS.com - Program studi (prodi) Psikologi merupakan salah satu jurusan incaran calon mahasiswa baru setiap tahunnya, sehingga peminat pada seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terus meningkat.

Ada banyak alasan orang memilih jurusan ini seperti memiliki prospek karir yang luas. Lulusan Psikologi dapat diterima dalam berbagai aspek pekerjaan seperti bagian Manajer Sumber Daya Manusia yang biasa disebut sebagai Human Resource Development (HRD), Psikolog, Konselor, guru bimbingan konseling, Dosen Psikologi, maupun Trainer.

Selain alasan tersebut, orang juga melihat bahwa ilmu pengetahuan dari jurusan Psikologi tergolong aplikatif karena relevan dengan kehidupan sehari-hari seperti mampu menjadi pendengar yang baik, mengatasi konflik, dan berhubungan dengan kesehatan mental dan kepribadian manusia.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran UI, UGM, Unair, Undip, dan Unpad 2022

Jurusan Psikologi juga dinilai sebagai salah satu jurusan yang menyenangkan karena banyak mempelajari tentang kepribadian manusia, gejala-gejala gangguan mental, perilaku manusia sesuai jenjang usia dan keanekaragaman, dan mengenal serta berinteraksi dengan sesama manusia.

Tentu masih banyak alasan positif banyak orang ketika memilih jurusan Psikologi. Namun, sebelum memilih jurusan ini, calon mahasiswa harus mengetahui terlebih dahulu apakah prodi tersebut masuk dalam ranah Saintek atau Soshum, karena setiap kampus memiliki kebijakan berbeda.

Apabila kamu berencana untuk melanjutkan pendidikan tinggi jurusan Psikologi, berikut rangkuman Kompas.com terkait biaya kuliah S1 fakultas Psikologi dari beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Tahun Ajaran 2022/2023, merangkum laman resmi masing-masing universitas.

Baca juga: Biaya Kuliah Jurusan Ilmu Komputer UI, ITB, ITS, UB, Binus, Telkom

Universitas Indonesia (UI)

Jurusan Psikologi di UI sudah terakreditasi Unggul dari BAN-PT. Pada tahun 2021, jumlah pendaftar di jurusan ini melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang sudah diganti dengan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP mencapai 2.910 siswa, sementara daya tampungnya untuk 57 kursi saja.

Apabila kamu berhasil masuk melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) atau SNBP, biaya kuliah yang perlu kamu persiapkan merujuk pada besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang telah ditetapkan.

Di UI, UKT dibagi menjadi dua kelompok, yakni Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B) dan Biaya Operasional Pendidikan Pilihan (BOP-P) yang perlu kamu bayar setiap semester.

BOP-B adalah penerapan UKT, yang memungkinkan mahasiswa membayar biaya pendidikan sesuai dengan kemampuan ekonomi orang tua atau wali.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+