Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2022, 16:03 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjalani perkuliahan sambil kerja menjadi hal lumrah yang dilakukan mahasiswa. Selain bisa menambah uang saku, kuliah sembari kerja juga bisa menambah pengalaman.

Namun, saat memutuskan kuliah sembari bekerja, kamu juga harus komitmen bahwa pekerjaan sampingan tersebut tidak akan mengganggu tugas utamamu sebagai mahasiswa.

Lantas pekerjaan seperti apa yang bisa dipilih mahasiswa untuk mencari uang saku tambahan?

Melansir dari laman Jobstreet, Rabu (7/12/2022) membagikan informasi beberapa profesi yang bisa dipilih bagi kamu yang ingin kuliah sambil kerja.

Pilihan untuk kuliah sambil kerja ini bisa dilakukan sembari mengejar gelar diploma atau sarjana. Berikut beberapa pilihannya.

Baca juga: Ketahui 10 Portofolio yang Disiapkan untuk Daftar SNBP 2023

4 profesi bagi mahasiswa yang ingin kuliah sambil kerja

1. Admin media sosial

Mempunyai profesi yang biasa kamu lakukan setiap hari dan mendapatkan penghasilan tentunya sangat menarik. Profesi tersebut adalah menjadi seorang admin media sosial.

Hampir semua mahasiswa punya media sosial dan sudah terbiasa mengoperasikan berbagai platform media sosia. Kemampuanmu itu sangat bermanfaat jika memilih bekerja sebagai admin media sosial.

Apalagi saat ini semua perusahaan memiliki akun media sosial untuk mencari engagement dan peningkatan pemasukan. Kamu bisa menjadi admin media sosial untuk berbagai macam perusahaan.

2. Pekerjaan yang bersifat paruh waktu (part time)

Menjadi pekerja paruh waktu banyak dipilih mahasiswa untuk menambah uang saku sekaligus menambah pengalaman.

Dengan menjadi pekerja paruh waktu juga cocok untuk dilakukan sambil kuliah karena jadwal kerjanya yang tidak terlalu lama dan cukup fleksibel. Pekerjaan ini juga tersedia di berbagai industri sehingga kamu memiliki banyak pilihan.

Pekerjaan paruh waktu juga ada yang bersifat online dan offline. Untuk melihat semua jenis pekerjaannya.

Baca juga: Pilih Jurusan Kedokteran di SNBP 2023? Cek Mata Pelajaran Pendukungnya

3. Internship atau magang

Bagi mahasiswa, internship atau magang pastinya sudah tidak asing. Ini juga salah satu pekerjaan yang paling cocok untuk dijalani sambil kuliah. Internship sangat cocok bagi kamu yang ingin memulai pengalaman di perusahaan-perusahaan atau industri tertentu.

Melalui internship, mahasiswa dapat mendaftarkan diri untuk bergabung dalam perusahaan impianmu dan langsung mulai memanjat jenjang karier sejak kuliah. 

4. Freelancer proyek

Freelance adalah salah satu pekerjaan yang cocok bagi mahasiswa yang ingin kuliah sambil kerja.

Bekerja menjadi seorang freelancer memberikan kesempatan untuk hanya mengambil proyek yang kamu mau melalui komisi. Dengan sistem ini, kamu tidak terikat dengan jadwal kantor dalam periode waktu yang lama.

Bekerja sebagai freelancer juga memberikan kebebasan untuk memberikan jasa apapun sesuai keinginanmu dan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Baca juga: 10 Universitas Tertua di Dunia, Mayoritas Ada di Eropa

Demikian 4 profesi yang bisa dipilih mahasiswa yang ingin kuliah sambil kerja. Kamu bisa memanfaatkan setiap peluang yang ada. Namun tetap saja pekerjaanmu tersebut jangan sampai membuat kewalahan menjalani perkuliahan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com