Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2022, 13:34 WIB
|

KOMPAS.com - Tahukah kamu bahwa ada sejumlah universitas tertua di dunia ini? Karena sudah berdiri ratusan tahun silam, beberapa universitas ini juga berkembang menjadi kampus top dunia.

Meski menjadi universitas tertua di dunia, namun 10 universitas ini mampu mengikuti perkembangan zaman dan membuktikan kualitasnya selalu unggul dan semuanya masuk dalam salah satu peringkat Quacquarelli Symonds (QS).

Melansir dari laman topuniversities, Rabu (7/12/2022) ada 10 universitas tertua di dunia dan masuk menjadi kampus top. Universitas tertua di dunia ini sebagian besar berada di benua Eropa. Namun ada juga universitas di Afrika yang masuk dalam daftar universitas tertua di dunia.

Kalau penasaran siapa saja universitas tertua di dunia ini, simak informasinya hingga tuntas ya.

Baca juga: Hasil Survei: Ini 10 Jurusan Kuliah yang Paling Disesali Lulusannya

Universitas tertua di dunia

1. Universitas Bologna

Universitas Bologna berada di Italia dan didirikan pada tahun 1088. Memiliki motto, The 'Nourishing Mother of the Studies', Universitas Bologna tidak pernah berhenti beroperasi hingga menyandang gelar universitas tertua di dunia.

Hingga zaman yang relatif modern, universitas ini hanya mengajarkan studi doktoral, tetapi saat ini memiliki beragam program di semua tingkatan.

Terletak di Bologna, Italia, kampus ini menerima pendaftaran sekitar 87.760 siswa dan 6.400 diantaranya adalah siswa internasional.

Karena menjadi universitas tertua di dunia, ada banyak tokoh penting merupakan lulusan Universitas Bologna. Diantaranya tiga Paus, banyak pengusaha dan beberapa politisi Italia. 

2. Universitas Oxford

Universitas Oxford didirikan sekitar tahun 1096-1167. Kampus bergengsi ini punya banyak alumni, mencakup 28 Perdana Menteri Inggris, 20 Uskup Agung Canterbury, 12 santo, 27 pemenang Hadiah Nobel, 50 pemenang Hadiah Nobel, dan Sir Stephen Hawking.

Meskipun tanggal pendirian universitas yang tepat masih belum pasti, bukti pengajaran sudah ada sejak tahun 1096, dan beberapa mengklaim bahwa bisa saja kampus ini didirikan lebih awal.

Baca juga: Ketua MRPTNI Prediksi Peserta SNPMB 2023 Bakal Melonjak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+