Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Tes TOEFL ITP merupakan tes kemampuan berbahasa Inggris yang sertifikatnya bisa digunakan untuk beragam kebutuhan, seperti mencari beasiswa, masuk ke perguruan tinggi, hingga syarat mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Saat ini lebih dari 2.500 sekolah, perguruan tinggi, universitas, dan lembaga swasta di lebih dari 50 negara berpartisipasi dalam tes TOEFL ITP.

Sebagai pemegang lisensi tunggal ujian TOEFL ITP di Indonesia, Indonesia International Education Foundation (IIEF) menggelar ujian TOEFL ITP serentak di lokasi terbanyak di seluruh Indonesia pada 19 November 2022.

Baca juga: 6 Beasiswa Luar Negeri Tanpa Syarat TOEFL atau IELTS

Sebanyak 1.052 peserta yang berasal dari 42 lokasi ujian di seluruh Indonesia mengikuti ujian TOEFL ITP serentak. Membuat IIEF berhasil pecahkan rekor MURI ujian TOEFL ITP serentak di lokasi terbanyak di seluruh Indonesia.

Tren TOEFL ITP di Indonesia

Secara global, Indonesia menempati urutan ke-6 untuk rata-rata nilai ujian TOEFL ITP di Asia.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Educational Testing Center (ETS), nilai rata-rata TOEFL ITP pada tahun 2021 di Indonesia adalah 489, mengungguli Jepang (473) dan Thailand (440).

Sedangkan urutan nilai rata-rata TOEFL ITP tertinggi dipegang oleh India (559), Filipina (570), Malaysia (566), Korea (509) dan Taiwan (489).

Direktur IIEF, Diana Kartika Jahja menekankan bahwa bahwa ranking ini tidak mencerminkan kemampuan bahasa Inggris sebuah negara.

“Perlu digarisbawahi bahwa ranking ini tidak mencerminkan kemampuan bahasa Inggris sebuah negara, ranking ini murni hanya sebatas gambaran nilai rata-rata ujian TOEFL ITP di Asia”, tegas Diana dalam keterangan resmi.

Baca juga: Syarat Skor TOEFL dan IELTS untuk Daftar Beasiswa LPDP 2023, Siap-siap

Meski begitu, nilai rata-rata ujian TOEFL ITP di Indonesia pun menunjukan tren yang positif.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+