Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa S1-S2 OTS Belanda 2023 Dibuka, Ada 22 Kampus Pilihan

Kompas.com - 06/12/2022, 08:33 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Pendaftaran beasiswa sarjana (S1) dan pasca sarjana (S2) ke Belanda melalui Orange Tulip Scholarship (OTS) telah dibuka untuk tahun akademik 2023-2024.

Calon mahasiswa yang ingin melanjutkan S1 dan S2, bisa memilih di antara 22 kampus di Belanda dengan program studi mulai bidang soshum hingga saintek.

Orange Tulip Scholarship adalah program beasiswa parsial (tidak mendanai penuh) yang ditawarkan oleh institusi pendidikan tinggi di Belanda dan dikelola oleh Nuffic Neso Indonesia.

OTS memiliki tujuan untuk meningkatkan peluang studi di Belanda bagi para pelajar unggul di Indonesia yang berminat mengikuti studi untuk jenjang sarjana (bachelor) atau pasca sarjana (master).

Baca juga: Beasiswa S1 Singapura 2023, Kuliah Gratis dan Uang Saku Rp 74 Juta

Namun perlu dicatat oleh calon mahasiswa, jumlah beasiswa OTS yang ditawarkan oleh masing-masing institusi pendidikan berbeda-beda. Secara umum, potongan biaya kuliah mulai dari 30-100 persen biaya studi.

Ditambah tanggungan biaya hidup per bulan, visa, asuransi dan biaya lain yang berbeda-beda tergantung penawaran masing-masing kampus.

Sisa biaya yang tidak didanai oleh OTS ditanggung oleh penerima beasiswa dengan sumber dana pribadi atau sponsor lainnya.

Dilansir dari laman Nuffic Nesso Indonesia, berikut persyaratan umum dan daftar kampus pilihan di Belanda yang bisa disimak calon mahasiswa.

Persyaratan umum

1. Warga Negara Indonesia

2. Tidak sedang menempuh studi pendidikan di Belanda atau bekerja di Belanda

3. Memenuhi syarat-syarat khusus yang dibutuhkan oleh skema Orange Tulip Scholarship yang didaftarkan.

Baca juga: Beasiswa S2 Belgia 2023, Kuliah Gratis dan Uang Saku Rp 54 Juta

Dokumen yang dibutuhkan

Masing-masing universitas memiliki persyaratan khusus dan juga dokumen aplikasi yang berbeda untuk beasiswa. Pelamar bisa memeriksanya melalui laman Neso Indonesia. Dua di antara dokumen aplikasi yang diminta adalah:

1. Formulir OTS yang diunduh pada laman Nuffic Neso Indonesia.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com