Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2022, 18:41 WIB

KOMPAS.com – Perkembangan teknologi pada transformasi digital mendorong berbagai perubahan di segala sektor pekerjaan, termasuk di dunia pendidikan.

Salah satu arah transformasi digital di dunia pendidikan adalah adanya kolaborasi antara pendidikan dan teknologi atau disebut education technology (edtech).

Pada perkembangan edtech, guru yang menjadi ujung tombak dan agen transformasi dalam proses mencerdaskan generasi penerus bangsa, khususnya generasi alfa, harus beradaptasi dengan perubahan tersebut.

Melihat hal tersebut, Putera Sampoerna Foundation (PSF) sebagai institusi bisnis sosial yang fokus pada peran pendidikan dalam pembangunan menginisiasi sejumlah program untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) yang sesuai dengan kebutuhan masa depan.

Salah satu program tersebut adalah Guru Binar. Program ini adalah wadah pengembangan karier guru melalui pelatihan dan berbagai pengembangan keprofesian yang holistik, terpadu, dan sistematis.

Baca juga: Keahlian Teknologi Pembelajaran Terkini Perlu Dimiliki Dosen dan Mahasiswa

Guru Binar bertujuan meningkatkan akses pelatihan guru melalui pelatihan yang terstruktur, terukur, dan sesuai kebutuhan sehingga memungkinkan peserta belajar kapan pun, di mana pun secara daring (belajar mandiri).

Guru Binar menyediakan materi pelatihan yang dikembangkan sesuai kebutuhan peserta. Pelatihan dilakukan dengan pendekatan online, sehingga fleksibel atau sesuai dengan waktu peserta, tetapi tetap terstruktur dan terukur atau dilengkapi dengan analisis pembelajaran.

Selain itu, setiap guru yang mengikuti Guru Binar juga akan mendapatkan umpan balik dan coaching pada setiap keterampilan yang dikembangkan.

Saat ini, Guru Binar menyediakan tiga program kelas pelatihan, yakni Guru Berkarya, Guru Merdeka, dan Guru Transformatif.

Ketiga program tersebut memiliki fokus masing-masing dengan satu tujuan, yakni guru dapat mengembangkan hard skills berupa literasi digital, desain perencanaan, analisis, pedagogi, dan keterampilan spesifik lainnya sesuai topik pelatihan.

Baca juga: Teknologi dan Kualitas Pendidikan Jadi Prioritas pada G20

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+