Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2022, 17:57 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menambah empat guru besar baru jelang akhir 2022.

Keempat guru besar itu adalah Prof. Soehartono dari Fakultas Hukum (FH), Prof. Eko Surojo dari Program Studi (Prodi) Teknik Mesin, Fakultas Teknik (FT), Prof. Lego Karjoko dari FH dan Prof. Triana Kusumaningsih dari Prodi Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Baca juga: 30 BUMN Buka 890 Lowongan Kerja untuk Lulusan Diploma, S1, dan S2

Sekretaris Senat Akademik (SA) UNS, Prof. Ari Handono Ramelan mengatakan, keempat guru besar itu akan dikukuhkan oleh Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS, pada Selasa (6/12/2022).

Prof. Soehartono merupakan guru besar ke-8 pada FH dan ke-251 UNS.

Prof. Soehartono akan dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Hukum Acara dengan pidato pengukuhan berjudul Penegakkan Hukum Berbasis Paradigma Hukum Profetik untuk Mewujudkan Keadilan Substansial.

Prof. Eko Surojo merupakan guru besar ke-21 pada FT dan ke-252 UNS.

Prof. Eko akan dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Teknik Mesin dengan pidato pengukuhan berjudul Prospek Rekayasa Bahan Rem Ramah Lingkungan Berpenguat Serat Cantula.

Prof. Lego Karjoko merupakan guru besar ke-9 pada FH dan ke-253 UNS.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Paling Disesali dan Disukai Lulusan Kampus

Prof Lego akan dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Hukum Agraria dengan pidato pengukuhan berjudul Perkembangan Tafsir Hak Menguasai Negara Dari Reforma Agraria Menuju Corporate Social Responsibility serta Implikasinya Terhadap Konflik Perkebunan.

Prof. Triana Kusumaningsih merupakan guru besar ke-24 pada FMIPA dan ke-254 UNS.

Prof. Triana akan dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Kimia Organik dengan pidato pengukuhan berjudul Derivatisasi Floroglusinol dari Genus Calophyllum dan Investigasinya Sebagai Antikanker.

"Saya berharap dengan bertambahnya guru besar ini dapat memberikan kontribusi bagi UNS, bangsa, dan negara," ucap dia dalam keterangannya, Senin (5/12/2022).

Dia mengucapkan selamat kepada empat guru besar baru UNS. Ini salah satunya ada rekan kerjanya di FMIPA (Prof. Triana), ketika dirinya saat menjadi Dekan FMIPA.

Baca juga: UKT 3 Jalur Seleksi PTN Sama, Kemendikbud: Hapus Stigma Jalur Mandiri Mahal

"Pencapaian ini merupakan langkah awal untuk berkontribusi lebih mengembangkan keilmuan pada bidang masing-masing," tukas Prof. Ari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com