Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2022, 12:33 WIB

KOMPAS.com - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) memberikan anugerah Ikon Prestasi Pancasila kepada kakak beradik sarat prestasi Mischka Aoki (13 tahun) dan Devon Kei Enzo (12 tahun).

Penganugerahan kepada peraih 100 medali olimpiade matematika dan sains internasional ini dilaksanakan pada Sabtu, 3 Desember 2022, pukul 19.00 WIB, di Gedung Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta dan disiarkan secara langsung TVRI.

Yogyakarta dipilih menjadi tempat penyelenggaraan karena dipandang telah menjadi simbol kota pemersatu bangsa, di mana terdapat perpaduan harmoni lintas kultural yang menjadi cerminan kebinekaan.

Tahun 2022 ini, penyelenggaraan Ikon Prestasi Pancasila dilangsungkan secara luring dengan memilih tokoh-tokoh Ikon Prestasi Pancasila baik individu, kelompok, maupun komunitas untuk lima kategori, yakni: Sains dan Inovasi, Olahraga, Seni dan Budaya, Kewirausahaan Sosial, serta Tokoh dan Penggerak Lintas Iman.

Kegiatan tahunan ini diadakan sebagai apresiasi terhadap putra-putri terbaik di seluruh penjuru Tanah Air yang senantiasa gigih berkarya dan menorehkan prestasi berdampak baik bagi negara dan bangsa Indonesia.

Mischka dan Devon menjadi penerima Ikon Prestasi Pancasila termuda dari seluruh tokoh-tokoh yang pernah terpilih selama ini.

"Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada BPIP yang telah memberikan penghargaan ini kepada kami berdua, semoga kami berdua bisa terus menjadi penggerak Pancasila di lingkungan negara serta dunia," ungkap Mischka melalui rilis resmi yang diterima Kompas.com (5/12/2022).

Baca juga: Mengenal Profil Pelajar Pancasila, Roh Kurikulum Merdeka Belajar

"Kami berdua selalu optimis untuk terus menggerakan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat. Karena kami yakin meskipun hanya mulai dengan 1 orang yang bergerak, kita akan bisa menggerakan 100 orang dan dari 100 orang yg bergerak maka kita akan bisa menggerakan 1.000 orang, dan dari 1.000 orang nantinya, kita akan bisa menggerakan 1 juta orang untuk ikut serta menjadi penggerak Pancasila bersama," tambah Devon.

Menumbuhkan nilai lewat program Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+