Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/12/2022, 17:14 WIB

KOMPAS.com - Indonesia International Institute For Life Sciences (i3L) menjalin kerja sama dengan University of Dundee, Skotlandia. Kerjasama ini mencakup para mahasiswa untuk memiliki kesempatan memperoleh dua gelar sekaligus.

Dalam kesepakatan kerja sama yang dilakukan pada 2 Desember 2022, Hannah Adam selaku representatif dari University of Dundee menyatakan, kolaborasi double degree dilakukan guna meningkatkan mobilitas mahasiswa antara Indonesia dan Inggris.

Program ini memungkinkan mahasiswa menjalani dua tahun pertama program sarjana mereka di Indonesia dengan memanfaatkan fasilitas yang tersedia di i3L, sebelum nantinya bergabung dengan University of Dundee pada dua tahun terakhir perkuliahan.

"Mahasiswa nantinya akan diberikan gelar sarjana dari Biomedicine i3L serta dari University of Dundee," ungkap Hannah.

"Program double degree yang ditawarkan ini memberikan kesempatan yang tak ternilai bagi siswa untuk merasakan pengalaman pengajaran dan penelitian skala luar negeri langsung di dua negara," tambahnya.

Program kerja sama juga menggandeng perusahaan farmasi Indonesia, Combiphar, di mana mahasiswa yang berpartisipasi dalam program akan diberikan kesempatan penempatan di Combiphar pada tahun terakhir di University of Dundee.

Tujuan dari kesempatan penempatan ini adalah untuk memastikan lulusan double degree i3l dan Dundee siap memasuki dunia kerja dengan prospek kerja yang baik.

Selain itu mahasiswa juga diberikan pilihan mendaftar satu tahun studi lanjutan untuk mendapatkan gelar master by research dari University of Dundee. Jadi mahasiswa memiliki pilihan melakukan proyek dengan Combiphar atau mengeksplorasi lebih lanjut studi dengan gelar Master.

Annisa Fauzia Communications Manager, South-East Asia British Council menyatakan, hibah "Going Global" yang diberikan British Council memungkinkan kedatangan tiga mahasiswa i3L untuk melakukan penempatan selama delapan minggu di University of Dundee.

Baca juga: Undip Luluskan 18 Mahasiswa Double Degree

 

Pendanaan ini memungkinkan mahasiswa mengambil proyek penelitian di James Hutton Institute and Protein Phosphorylation and Ubiquitylation Unit .

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+