Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/12/2022, 07:21 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Sesuai tradisi Jawa yang sudah ada sejak zaman dulu, calon pengantin sebelum melangsungkan pernikahan akan menjalani pingitan.

Tradisi pingitan ini pula yang dijalani Kaesang dan Erina Gudono yang akan melangsung pernikahan pada 10 Desember 2022.

Di era modern seperti saat ini, tidak ada salahnya untuk mengetahui apa sebenarnya tradisi pingitan yang biasa dilakukan calon pengantin.

Melansir dari repository Universitas Islam Negeri Jakarta, tradisi pra-nikah yang disebut pingitan pengantin perkawinan adat Jawa adalah sebuah tradisi dimana perempuan atau calon pengantin dilarang berpergian, keluar rumah ataupun bertemu calon suami dari waktu yang ditentukan sampai akad nikah berlangsung.

Baca juga: 5 Kota Pelajar Terbaik di Asia Tenggara, Ada Bandung

Tujuan tradisi pingitan

Tradisi ini masih dilakukan para calon pengantin dengan tujuan untuk menghindari marabahaya.

Tradisi ini menjadi pro kontra di kalangan masyarakatnya. Sebagian masyarakat masih memegang tradisi ini dan sebagian masyarakat menganggap sudah tidak relevan untuk diterapkan di zaman sekarang.

Karena tradisi pingitan ini sudah ada sejak dulu dan dilakukan turun temurun, salah satu pahlawan dari tanah Jawa, Raden Ayu Kartini juga sempat menjalani tradisi ini.

Kisah RA Kartini menjalani tradisi pingitan ini diceritakan di laman Museum Kebangkitan Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Saat berusia 13 tahun, RA Kartini dipaksa tunduk pada aturan adat yang mengharuskannya dipingit sampai datangnya lamaran dari seorang pria.

Baca juga: SNPMB 2023: Ketahui Materi Tes dan Jadwal SNBT

Masa pingitan bagi Kartini adalah masa kesunyian

Kartini muda yang dikenal sebagai pribadi yang lincah yang periang terpaksa berhenti. Sikap dan tingkah lakunya harus mencerminkan puteri bangsawan sejati yang berbicara dengan suara halus dan lirih, berjalan setapak demi setapak.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+