Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng RS Bhayangkara Brimob Depok, Fikes UPN Veteran Jakarta Gelar "Pentahelix Sigap Sehati"

Kompas.com - 01/12/2022, 09:52 WIB

KOMPAS.com - Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) UPN Veteran Jakarta meluncurkan kegiatan "Pentahelix Sigap Sehati" lewat pemberdayaan masyarakat berbasis pelatihan kesehatan terintegrasi kepada kader posyandu Kelurahan Tugu, Depok, Jawa Barat, pada Senin, 28 November 2022.

Kegiatan pemberdayaan masyarakat ini melibatkan akademisi Fikes UPN Veteran Jakarta dan tenaga profesional kesehatan dari RS Bhayangkara Brimob Depok.

Pelatihan kesehatan terintegrasi kepada 380 kader posyandu Kelurahan Tugu meliputi delapan topik materi (1) monofilament test dan senam kaki diabetik, (2) Antropometri balita dan deteksi dini tumbuh kembang, (3) penanganan cedera (4) tanaman obat keluarga (TOGA) dan kreasi menu, (5) Sadari (Periksa Payudara Sendiri), (6) STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat), (7) Kesehatan Lansia dan Deteksi Dini Stroke, (8) Kesehatan Reproduksi dan KIA

"Fikes UPN Veteran Jakarta menginisiasi kegiatan Pentahelix Sigap Sehati ini untuk berperan dan berkontribusi langsung di tengah-tengah masyarakat melalui kolaborasi antar profesi tenaga kesehatan," ungkap Wakil Dekan Bidang Akademik Taufik Maryusman melalui rilis resmi (1/12/2022). 

"Keberadaan universitas seharusnya bisa dirasakan secara langsung kebermanfaatannya oleh masyarakat," tegas Taufik Maryusman.

Ia menambahkan, "melalui pemberdayaan kader posyandu sekelurahan Tugu diharapkan dapat menjadi langkah awal keberadaan Fikes UPNVJ dapat dirasakan kebermanfaatannya di tengah-tengah masyarakat."

Wakil Dekan Bidang Akademik Fikes UPN Veteran berharap, kegiatan ini dapat menjadi model praktik baik uang dapat diaplikasikan oleh universitas lain.

Dalam kesempatan sama, Wakil Dekan Bidang Kerja Sama dan Kemahasiswaan Santi Herlina menyampaikan, kegiatan Pentahelix Sigap Sehati yang diselenggarakan di Kota Depok merupakan kolaborasi antara Fikes UPNVJ dengan Pemkot Depok, RS Bhayangkara Brimob dan industri yang ada di wilayah kota Depok khususnya Kelurahan Tugu.

Baca juga: G20 Empower Dorong Pemberdayaan Perempuan demi Pembangunan Berkelanjutan

 

"Salah satu kegiatan yang dilakukan di RS Bhayangkara Brimob adalah pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan kader kesehatan terintegrasi yang diberikan oleh tim dari dosen FIKES UPNVJ," ungkap Santi Herlina.

"Instruktur dari RS Brimob dan melibatkan mahasiswa kepada para kader posyandu, Posbindu dan PKK sebanyak kurang lebih 380 kader," tambahnya.

"Harapannya terhadap kegiatan ini adalah, kader memiliki pemahaman yang holistik terhadap kesehatan warganya karena kader adalah garda terdepan di masyarakat dalam penanganan kesehatan masyarakat," pungkas Santi Herlina.

Hal senada disampaikan Ikhsan Amar, Ketua Pentahelix Sigap Sehati FIKES UPN Veteran Jakarta, "melalui kolaborasi kegiatan Pentahelix Sigap Sehati diharapkan menjadi role model ke depan dalam mengintervensi khususnya untuk kader posyandu agar terampil dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,"

"Melalui kegiatan yang bertajuk pentahelix ini, harapan terbesar yaitu kegiatan ini mampu meningkatkan derajat kesehatan semaksimal mungkin," pungkasnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+