Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abdul Sukur: Sekolah Kebangsaan dan Peradaban UNJ Tumbuhkan Peradaban Damai dan Harmonis

Kompas.com - 30/11/2022, 14:18 WIB

KOMPAS.com - Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menggelar "Sekolah Kebangsaan dan Peradaban" bagi sivitas akademika UNJ pada Selasa, 30 November 2022 di GOR Kampus B UNJ, Jakarta.

Sekolah Kebangsaan dan Peradaban ini merupakan kerja sama UNJ dengan Pusat Pengembangan Karakter dan Peradaban Saudi Fund Development (P2KP-SFD) dan menghadirkan Prof. Rokhmin Dhauri, dan Haidar Bagir sebagai narasumber serta Agus Idwar Jumhadi sebagai moderator.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNJ Abdul Sukur mengatakan, kegiatan Sekolah Kebangsaan dan Peradaban yang bertema filsafat, saintek dan moralitas ini bertujuan sebagai arah pembelajaran di kampus melalui pengembangan karakter dan moralitas yang kreatif, inovatif dan kolaboratif.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan nilai kebangsaan pada mahasiswa yang merupakan agen perubahan dan peradaban," jelas Abdul Sukur.

"Sehingga nantinya dapat tumbuh peradaban yang damai dan harmonis. Untuk itu UNJ sebagai universitas yang melahirkan calon–calon guru sangat berkomitmen dalam menumbuhkan nilai kebangsaan dan peradaban bagi para mahasiswanya," tambahnya.

Sementara itu Rektor UNJ Prof. Komarudin dalam sambutan mengucapkan terima kasih kepada kantor Warek Bidang Kemahasiswaan dan Alumni dan Pusat Pengembangan Karakter dan Peradaban Saudi Fund Development (P2KP-SFD) UNJ yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini.

"Kegiatan ini sangat penting karna bangsa Indonesia yang sangat heterogen, sehingga ancaman dan tantangannya bagi persatuan dan kesatuan bangsa sangat tinggi," ungkap Prof. Komarudin.

Baca juga: Ajak Milenial Rawat Idealisme, Bupati Kediri Gelar Seminar Kebangsaan

"Untuk itu penting membangun nilai kebangsaan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan. Selain itu juga penting membangun peradaban agar bangsa kita bisa beradab," tambahnya. 

Prof. Komarudin juga menyampaikan, Sekolah Kebangsaan dan Peradaban UNJ ini turut mengilhami kita semua untuk senantiasa bersatu padu menjadi bangsa yang berdaulat dalam bingkai Negara Kesatuan republik Indonesia.

Modal utama memperkokoh nilai kebangsaan 

Pada pemaparan materi, Prof. Rokhmin Dhauri yang merupakan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia era Presiden Megawati dan juga guru besar IPB University menjelaskan, Indonesia memiliki modal dasar dalam pembangunan dan memperkokoh nilai kebangsaan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+