Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud Gelar Sosialisasi Masuk PTN 2023 Besok, Catat Link-nya

Kompas.com - 30/11/2022, 13:46 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) akan menggelar konferensi pers Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 besok, Kamis (1/12/2022).

Pada konferensi pers tersebut, Kemendikbud Ristek secara resmi akan meluncurkan Sistem Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2023 yang akan mengalami perubahan skema dari tahun-tahun sebelumnya.

"Tanggal 01 Desember 2022 akan menjadi momen penting bagi seluruh Calon Mahasiswa Indonesia karena Sistem Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2023 akan resmi diluncurkan," tulis akun resmi Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) yang menggantikan peran Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Baca juga: Cek Jadwal Seleksi Masuk PTN: SNBP, SNBT, dan Seleksi Mandiri 2023

Dalam sosialisasi sebelumnya, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) menjelaskan bahwa Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 masih akan digelar melalui tiga jalur, namun skemanya berbeda.

Pertama, Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) sebagai pengganti Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN). Kedua Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBT) sebagai pengganti Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN). Ketiga, Seleksi Mandiri PTN.

Dijelaskan pula bahwa dalam skema baru, siswa diberikan kesempatan untuk memilih program studi (prodi) atau jurusan kuliah sesuai dengan minat dan bakatnya. Dengan kata lain, ada kemungkinan untuk lintas jurusan kuliah, namun tetap mengikuti kebijakan tiap prodi dan PTN pilihan.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Gampang Dapat Kerja di Era Revolusi Industri 4.0

Untuk tahu informasi lengkap dan resmi, Kemendikbud Ristek mengajak siswa dan calon mahasiswa untuk menyimak konferensi pers yang akan digelar secara luring dan daring pada 1 Desember 2022 pukul 13.00 WIB melalui akun Instagram @_snpmbbppp maupun Youtube @snpmbbppp

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com