Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2022, 13:46 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) akan menggelar konferensi pers Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 besok, Kamis (1/12/2022).

Pada konferensi pers tersebut, Kemendikbud Ristek secara resmi akan meluncurkan Sistem Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2023 yang akan mengalami perubahan skema dari tahun-tahun sebelumnya.

"Tanggal 01 Desember 2022 akan menjadi momen penting bagi seluruh Calon Mahasiswa Indonesia karena Sistem Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2023 akan resmi diluncurkan," tulis akun resmi Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) yang menggantikan peran Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Baca juga: Cek Jadwal Seleksi Masuk PTN: SNBP, SNBT, dan Seleksi Mandiri 2023

Dalam sosialisasi sebelumnya, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) menjelaskan bahwa Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 masih akan digelar melalui tiga jalur, namun skemanya berbeda.

Pertama, Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) sebagai pengganti Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN). Kedua Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBT) sebagai pengganti Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN). Ketiga, Seleksi Mandiri PTN.

Dijelaskan pula bahwa dalam skema baru, siswa diberikan kesempatan untuk memilih program studi (prodi) atau jurusan kuliah sesuai dengan minat dan bakatnya. Dengan kata lain, ada kemungkinan untuk lintas jurusan kuliah, namun tetap mengikuti kebijakan tiap prodi dan PTN pilihan.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Gampang Dapat Kerja di Era Revolusi Industri 4.0

Untuk tahu informasi lengkap dan resmi, Kemendikbud Ristek mengajak siswa dan calon mahasiswa untuk menyimak konferensi pers yang akan digelar secara luring dan daring pada 1 Desember 2022 pukul 13.00 WIB melalui akun Instagram @_snpmbbppp maupun Youtube @snpmbbppp

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+