Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2022, 10:27 WIB


KOMPAS.com - Memasuki dunia kerja bisa menjadi hal yang menantang. Terutama bagi fresh graduate yang belum memiliki banyak pengalaman kerja, bahkan belum memiliki pengalaman kerja sama sekali.

Sedikitnya pengalaman kerja, kerap membuat Curriculum Vitae (CV) atau resume menjadi kurang menarik bahkan terlalu singkat.

Baca juga: 6 Anjuran dan Larangan dalam Membuat CV, Fresh Graduate Simak

Seorang pelatih karier dan salah satu pendiri Early Stage Careers Lesley Mitler, melansir dari platform pencarian kerja LinkedIn pada Selasa (29/11/22) mengatakan, menulis CV memang merupakan hal yang sulit, bahkan untuk orang dengan pengalaman kerja puluhan tahun sekali pun.

Namun, kata dia, sangat memungkinkan bagi seseorang untuk memiliki CV yang menarik meski belum memiliki banyak pengalaman kerja.

Melansir dari platform pencarian kerja LinkedIn, ada 4 komponen CV yang bisa disusun oleh fresh graduate agar CV atau resume menjadi lebih menarik meski minim pengalaman  kerja.

Cara menyiasati kurangnya pengalaman kerja

Pertanyaan awal yang kerap ditanyakan oleh para fresh graduate saat menulis CV adalah "bagaimana saya menjelaskan kurangnya pengalaman kerja?"

Lesley mengatakan, kamu dapat mengatasi ini dengan dua cara, yaitu memiliki keterampilan sesuai bidang yang dilamar, dan kedua meningkatkan penekanan pada pengalamanmu.

Peningkatan keterampilan dapat dilakukan untuk menunjukkan bahwa kamu memiliki kompetensi yang relevan untuk melakukan suatu pekerjaan. Seperti ikut pelatihan untuk memiliki sertifikasi tambahan atau melakukan magang selama atau setelah kuliah.

Baca juga: 5 Website Belajar IELTS Gratis, Siswa dan Mahasiswa Catat Link-nya

“Sertifikasi akan memberi pemberi kerja gambaran tentang tingkat pengetahuan Anda di bidang tertentu. [Dan magang] akan memberi Anda pengalaman bisnis yang Anda butuhkan untuk posisi penuh waktu,” ungkap Lesley.

Sementara itu, pelatih karier dan penulis CV Matt Warzel menambahkan, fresh graduate dapat menekankan tentang pendidikan atau kegiatan yang dilakukan selama kuliah.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber LinkedIn
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+