Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisuda 2.129 Lulusan UMJ, Muhadjir Sampaikan 4 Pilar Menuju Indonesia Emas 2045

Kompas.com - 30/11/2022, 08:49 WIB

KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menggelar wisuda bagi 2.129 lulusan pada 29 November 2022. Acara dibagi dalam dua sesi dengan peserta pada sesi pertama diikuti 1.069 wisudawan dan sesi 2 sejumlah 1.060 wisudawan.

Wisudawan tahun 2022 UMJ kali ini terdiri dari 8 wisudawan Program Doktor, 237 Program Magister, 7 Program Spesialis, dan 1.861 Program Sarjana.

Seremoni wisuda ini merupakan Wisuda Program Doktor ke-7, Program Magister ke-45, Program Sarjana ke-76, Spesialis ke-2 dan Program Diploma Tiga.

Pada Orasi ilmiahnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyampaikan, Indonesia memiliki empat pilar dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045.

Keempat pilar itu yaitu pembangunan manusia serta penguasaan iptek, ekonomi berkelanjutan, pemerataan pembangunan, lalu pemantapan ketahanan nasional dan tata kelola pemerintahan.

Oleh karenanya, Muhadjir menegaskan kepada wisudawan untuk tidak hanya memiliki skill sesuai dengan kemampuannya tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri.

Dalam kesempatan sama, Rektor UMJ Ma'mun Murod menyatakan, lulusan UMJ harus mengisi ruang kosong yang kurang baik dengan integritas dan kejujuran, dengan mengimplementasikan keadilan baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

"Tetap sebarkan dakwah Islam di mana pun wisudawan bekerja, tentunya dengan dakwah Islam yang berkemajuan dan moderat," pesan Ma'mun Murod.

Selepas sambutan, Ma’mun mendapuk Muhadjir melantunkan senandung sholawat yang berjudul Assalamu’alaika. Suasana seketika menjadi syahdu sampai para peserta wisudawan ikut serta bershalawat bersama, dan memberikan tepuk tangan yang meriah di akhir shalawat.

Kepala Bagian Umum Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III, Novianto, dalam sambutan mengatakan, lulusan UMJ harus terus meningkatkan hard skill dan soft skill untuk bekal masa depan.

Baca juga: Wisuda 2022 PPM SoM: Mencetak Pemimpin Muda untuk Indonesia Emas 2045

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+