Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisuda 2.129 Lulusan UMJ, Muhadjir Sampaikan 4 Pilar Menuju Indonesia Emas 2045

Kompas.com - 30/11/2022, 08:49 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menggelar wisuda bagi 2.129 lulusan pada 29 November 2022. Acara dibagi dalam dua sesi dengan peserta pada sesi pertama diikuti 1.069 wisudawan dan sesi 2 sejumlah 1.060 wisudawan.

Wisudawan tahun 2022 UMJ kali ini terdiri dari 8 wisudawan Program Doktor, 237 Program Magister, 7 Program Spesialis, dan 1.861 Program Sarjana.

Seremoni wisuda ini merupakan Wisuda Program Doktor ke-7, Program Magister ke-45, Program Sarjana ke-76, Spesialis ke-2 dan Program Diploma Tiga.

Pada Orasi ilmiahnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyampaikan, Indonesia memiliki empat pilar dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045.

Keempat pilar itu yaitu pembangunan manusia serta penguasaan iptek, ekonomi berkelanjutan, pemerataan pembangunan, lalu pemantapan ketahanan nasional dan tata kelola pemerintahan.

Oleh karenanya, Muhadjir menegaskan kepada wisudawan untuk tidak hanya memiliki skill sesuai dengan kemampuannya tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri.

Dalam kesempatan sama, Rektor UMJ Ma'mun Murod menyatakan, lulusan UMJ harus mengisi ruang kosong yang kurang baik dengan integritas dan kejujuran, dengan mengimplementasikan keadilan baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

"Tetap sebarkan dakwah Islam di mana pun wisudawan bekerja, tentunya dengan dakwah Islam yang berkemajuan dan moderat," pesan Ma'mun Murod.

Selepas sambutan, Ma’mun mendapuk Muhadjir melantunkan senandung sholawat yang berjudul Assalamu’alaika. Suasana seketika menjadi syahdu sampai para peserta wisudawan ikut serta bershalawat bersama, dan memberikan tepuk tangan yang meriah di akhir shalawat.

Kepala Bagian Umum Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III, Novianto, dalam sambutan mengatakan, lulusan UMJ harus terus meningkatkan hard skill dan soft skill untuk bekal masa depan.

Baca juga: Wisuda 2022 PPM SoM: Mencetak Pemimpin Muda untuk Indonesia Emas 2045

Para lulusan juga diajak mengambil peran 6C yaitu Character, Citizenship, Critical Thinking, Creativity, Collaboration, dan Communication. "Dengan peran tersebut, diharapkan wisudawan UMJ berkompeten dan mampu bersaing di masa kini dan masa depan," ucap Novianto.

Sementara itu, di sesi kedua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah yang diwakili Prof.  Thobroni menyampaikan, segala tantangan ke depan dapat diatasi dengan syarat lulusan UMJ yang berkompeten, dibarengi dengan jiwa pembaharu dan filantropis (semangat amal saleh).

"Tantangan yang bersifat praktis adalah tantangan untuk memenuhi kebutuhan hidup sebagai manusia. Ini harus dihadapi dengan kompetensi diantaranya knowledge, skill, dan softskill yang Anda miliki disertai dengan kerja keras, keuletan, ketekunan, ketabahan dan kesabaran," tutur Thobroni.

Lebih lanjut, ia mengutarakan bahwa menjadi lulusan UMJ mendapatkan nilai plus yaitu dibekali Al-Islam Kemuhammadiyahan. Menurutnya, dengan modal ini menjadi sarjana yang religious, pejuang dan pengabdi untuk meraih keselamatan kebahagiaan dunia dan akhirat.

Lalu, dapat dikembangkan sebagai sarjana muslim yang berjiwa pembaharu (Islam yang berkemajuan) dan berjiwa semangat amal shaleh.

Baca juga: Anaknya Meninggal akibat Kecelakaan, Ibu Ini Wakili Wisuda di Unnes

Wakil Koordinator Kopertais Wilayah I DKI Jakarta dan Banten Prof. Ahmad Thib Raya, M.A. mengungkapkan, terdapat empat kecerdasan dalam Islam yang perlu diketahui bagi lulusan UMJ untuk melanjutkan kehidupan setelah wisuda, yaitu intelektual, emosional, moral, dan spiritual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com