Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ICMI Diminta Lahirkan Cendekiawan dan SDM yang Berkualitas

Kompas.com - 29/11/2022, 21:19 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meyakini jika Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) akan melahirkan cendekiawan yang menjadi cahaya penerang bagi bangsa dan negara.

"Cahaya yang selalu menjadi berkah dan penerang menuju jalan kehidupan yang baik’ itulah tugas ICMI," kata dia dalam keterangannya, Selasa (29/11/2022).

Baca juga: Cek Jadwal Seleksi Masuk PTN: SNBP, SNBT, dan Seleksi Mandiri 2023

Dia berharap, agar ICMI sebagai organisasi cendekiawan muslim juga harus berperan untuk mendorong lahirnya SDM Indonesia yang berkualitas.

"ICMI juga harus mampu menjadi jembatan dan mitra untuk mendorong pembangunan SDM yang bisa menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk terwujudnya Indonesia sebagai negara maju 2045," ucap dia.

Dia juga menyatakan, Indonesia sebagai salah satu negara besar dan penting di kawasan Asia harus mengambil peran agar dapat mengambil manfaat dari pertumbuhan kemajuan Asia.

"Pembangunan SDM yang memiliki wawasan luas serta berorientasi pada masa depan diperlukan untuk melengkapi kapabilitas pemimpin yang berpegang pada nilai-nilai luhur budaya bangsa," ucap pria yang saat ini jadi Ketua Umum PAN.

Meski demikian, dia menekankan, di tengah arus globalisasi pembangunan SDM juga tidak boleh melupakan jati diri dan budaya bangsa Indonesia.

"Hal inilah yang juga harus menjadi bagian dari strategi dan taktik pengembangan ICMI hari ini dan di masa mendatang," tegas dia.

Saat ini, Rektor IPB, Prof. Arif Satria menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), periode 2021-2026.

Dia terpilih dalam Muktamar VII ICMI yang diselenggarakan di Hotel Asrilia, Bandung, pada 6 Desember 2021.

Baca juga: 5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Diketahui, Prof Arif Satria mengungguli kandidat lainnya, yaitu Ilham Habibie dan 15 kandidat lainnya. Dengan perolehan 206 dukungan suara.

Terpilihnya Prof Arif menandai era baru ICMI, dipimpin oleh intelektual muda.

Dalam sambutannya, Arif mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan.

Baca juga: Jelang SNPMB 2023, Catat Jadwal Resmi SNBP dan UTBK SNBT 2023

"Saya berterima kasih atas dukungan para peserta Muktamar. Insyaallah amanah yang diberikan akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya," ungkap dia akhir Desember 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com