Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi Tren Pembelajaran Berbasis Digital, UT Kumpulkan Ratusan Akademisi Asia-Afrika di Bali

Kompas.com - 29/11/2022, 16:03 WIB

KOMPAS.com - Ratusan akademisi dari Asia dan Afrika hadir dalam perhelatan acara International Conference on Innovation in Open and Distance Learning (INODEL), di Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

Konferensi internasional ini dilaksanakan oleh Universitas Terbuka (UT) melalui Pusat Riset dan Inovasi Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PRI- PJJ) pada lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), selama dua hari pada 28-29 November 2022.

Kegiatan ini akan berlangsung secara luring dan daring dengan mengangkat tema "Emerging Technology for Open and Distance Education: Opportunity, Agility, and Adaptability".

Tercatat ada 250 akademisi dari berbagai negara hadir dalam kegiatan ini, seperti India, Pakistan, Palestina, Malaysia, Filipina, dan Nigeria, termasuk Indonesia sebagai tuan rumah.

Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh para pemangku kebijakan baik dari pemerintah daerah provinsi Bali maupun dari beberapa lembaga nasional lainnya.

Rektor Universitas Terbuka Prof Ojat Darojat, mengatakan, kegiatan ini peluang besar bagi akademisi dan pembuat kebijakan untuk menjawab tantangan dan peluang dalam menghadapi tren pembelajaran berbasis digital di masa depan.

"Acara seperti sangat penting karena kita paham betul apalagi setelah kemarin ada wabah Covid-19 sangat mengakselerasi penyelenggaraan pendidikan secara jarak jauh yang modal utamanya itu adalah mengintegrasikan teknologi untuk memulai kegiatan pembelajaran dalam jaringan, pendidikan berbasis digital," kata dia usai membuka acara tersebut, Selasa (29/11/2022).

Ia mengatakan, konferensi internasional ini menjadi wadah bagi para pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan dari berbagai negara untuk saling bertukar pengalaman dan pengetahuan.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk meningkat kompetensi para akademisi di Indonesia dalam memanfaatkan media digital sebagai sarana penunjang dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+