Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/11/2022, 09:30 WIB

KOMPAS.com - Jurusan Teknik Perkapalan bisa dipertimbangkan siswa SMA sederajat saat memilih jurusan di seleksi perguruan tinggi negeri atau swasta.

Jurusan Teknik Perkapalan mempunyai prospek kerja yang sangat tinggi di masa depan dan banyak dicari beberapa perusahaan di luar negeri.

Jika siswa SMA sederajat memilih jurusan Teknik Perkapalan, saat kuliah nanti kalian akan mempelajari seluk beluk yang perkapalan mulai dari mempelajari cara merancang sebuah kapal, mesin kapal dan lain sebagainya.

Dosen Fakultas Teknik Prodi Perkapalan Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya Betty Ariani menyebut banyak orang menganggap jurusan Teknik Perkapalan hanya akan bekerja di lautan lepas.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Gampang Dapat Kerja di Era Revolusi Industri 4.0

Padahal, lulusan Teknik Perkapalan bisa bekerja di daratan atau di mana saja. Ia membagikan sejumlah prospek kerja lulusan teknik perkapalan yang belum banyak diketahui oleh banyak orang.

Apa saja prospek kerja jurusan Teknik Perkapalan?

1. Surveyor kapal

Menurut Betty, Surveyor Kapal adalah salah satu pekerjaan yang bisa diambil lulusan Teknik Perkapalan dan banyak dicari di masa depan

Dalam hal ini seseorang dapat tergabung dalam Biro Klasifikasi Kapal seperti BKI, American Bureau Shipping, llyoid Register, Nippon Kaiji Kyokai, maupun independen surveyor yang merupakan tenaga ahli dalam bidang survey kapal baik survey rutin maupun survey kerusakan.

“Seorang surveyor kapal melakukan pengetesan maupun inspeksi terhadap peralatan maupun perlengkapan kapal yang terkait dengan sertifikasi kelas baik lambung maupun permesinan untuk kepentingan charter kapal, jual beli maupun asuransi kapal" kata Betty dilansir dari laman UM Surabaya.

 Baca juga: 15 Kampus dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik Versi THE WUR 2023

2. Marine Project Manager

Lulusan Teknik perkapalan bisa menjadi Marine Project Manager atau tenaga ahli yang mengelola suatu proyek pembangunan kapal baru maupun repair bersama tim pendukung dalam sebuah galangan kapal.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+