Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/11/2022, 15:44 WIB

KOMPAS.com - Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kemendikbud Ristek secara resmi menutup Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) pada 24 November 2022.

Ajang talenta tingkat nasional yang berlangsung selama 4 hari secara hibrid dengan Universitas Brawijaya sebagai tuan rumah mengumumkan Institut Teknologi Sepuluh Nopember sebagai juara umum Gemastik 2022.

Kepala BPTI sekaligus Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puspresnas, Asep Sukmayadi, mengungkapkan pentingnya pembentukan komunitas alumni Gemastik sebagai wadah pengembangan talenta mahasiswa terbaik Indonesia bidang teknologi informasi dan komunikasi.

“Melalui Gemastik, generasi muda Indonesia diharapkan mampu mengasah empati diri sebagai bagian dari masyarakat intelektual yang berkontribusi positif memberikan solusi inovatif dari beragam permasalahan yang ada,” ujar Asep dalam acara Penutupan dan Penganugerahan Gemastik XV tahun 2022 di Auditorium Algoritma Filkom UB (24/11/2022).

Babak final Gemastik XV tahun ini melombakan 11 divisi yang diikuti 224 tim dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia dan melibatkan juri yang berasal dari UPI, Universitas Telkom, UGM, IPB, ITB, ITS, Universitas Tanjungpura, UB, Universitas Amikom Yogyakarta, ISI Surakarta, Unpas, Universitas Kristen Duta Wacana, Binus, Universitas Gunadarma, UI, dan praktisi profesional.

Sementara itu, dalam sambutannya, Wakil Rektor III Universitas Brawijaya, Abdul Hakim menyatakan dukungan dan kesiapannya untuk terus mengembangkan ajang Gemastik berikutnya sebagai bukti nyata Merdeka Belajar di luar kegiatan belajar mengajar rutin mahasiswa.

Abdul Hakim, selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Brawijaya mengingatkan mengenai pentingnya untuk mengikuti perlombaan.

Baca juga: Penutupan OSN 2022, Kepala BPTI: OSN Menandai Pesan Kemerdekaan untuk Bangkit Lebih Kuat

“Kalah dan menang dalam perlombaan adalah hal biasa. Tetapi bagaimana kita memaknai pengalaman luar biasa, ikut bersama-sama dari teman-teman kita dari perguruan tinggi yang lain itu susah di dapat. Pendidikan tanpa dilengkapi kegiatan pengembangan softskill yang lain akan sulit saat menjadi alumni nanti,” ujar Abdul.

Daftar lengkap pemenang Gemastik XV

Adapun daftar lengkap tim pemenang di ajang talenta Gemastik XV 2022 adalah sebagai berikut.

Divisi 1 Pemrograman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+