Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Finalis "Debat Kreatif Generasi Kreatif 2022" Diharapkan Cerminkan Nilai Pancasila

Kompas.com - 27/11/2022, 15:06 WIB

KOMPAS.com - Yayasan Bentang Merah Putih dan Yayasan Pandu Pemimpin Cinta Bangsa bersama Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar kegiatan Debat Kreatif Generasi Kreatif atau Demokrasi 2022.

Pada tahap awal terkumpul sebanyak 606 kelompok dari 112 daerah se Indonesia, yang kemudian tersaring menjadi 20 finalis. Kedua puluh kelompok finalis tersebut berasal dari wilayah: Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi, Bali, Lombok dan Sumatera.

Setelah dilakukan penyaringan diperoleh 5 kelompok besar yang berasal dari wilayah: Nusa Tenggara Barat, Kalimantan, Jawa Barat, Bali, Lombok, dan Jakarta. Acara Final dan Grand Final diselenggarakan secara langsung.

Kelima kelompok tersebut masuk ke dalam masa karantina atau masa pembekalan selama empat hari di Jakarta, yaitu pada tanggal 21 hinggal 24 November 2022. 

Materi pembekalan yang diberikan antara lain

  • Literasi Komunikasi oleh Choki Sitohang
  • Literasi Digital oleh Daniel Surya (Co Founder & Executive Chairman PT WIR Group) dan Yosi Mokalu selaku ketua Siberkreasi Kominfo
  • Literasi Politik oleh Bonggas dari Politik Academy
  • Literasi Kepemimpinan oleh Ary M. Wibowo
  • Chitchat Motivasi oleh Ivan Kabul

Selain pembekalan, kelima kelompok finalis ini juga melakukan berbagai kunjungan, diantaranya: Museum Proklamasi, Museum Kepresidenan Balai Kirti, bertatap muka dengan Bapak Bima Arya (Wali Kota Bogor), dan berkeliling kota Bogor dipandu Dinas Pariwisata Bogor.

Para finalis juga berkesempatan mendapatkan arahan dari Laksamana Muda TNI Edi Sucipto di Lembaga Ketahanan Nasional, dan dilanjutkan touring ke dalam Gedung MPR DPR.

 

Cerminkan nilai-nilai Pancasila

Selama masa karantina, kelima finalis didampingi Ketua Yayasan Bentang Merah Putih dan Yayasan Pandu Pemimpin Cinta Bangsa Yohana Elizabeth Hardjadinata didampingi Mikha serta Andry Ganda yang mengabadikan setiap moment kegiatan anak anak melalui photo dan video.

Baca juga: Kemenkeu Buka Lomba Debat Nasional Mahasiswa, Total Hadiah Rp 55 Juta

Kemeriahan para finalis ini dilanjutkan dengan Babak Final pada 24 November 2022 dan Babak Grand Final tanggal 25 November 2022 di Jakarta. Acara ini disiarkan Live di TVRI pukul 20.00 WIB, bersama team TVRI Gian Luigi dan Amanda So.

Pada penjurian babak Final 24 November 2022, ada beberapa juri terlibat yaitu Choky Sitohang, Yohana Elizabeth Hardjadinata, Ary M. Wibowo, Bonggas Adhi Chandra dipandu oleh Ivan Kabul dan Bayu Oktora. Pada babak semifinal ini terpilih tiga besar dari lima finalis.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+