Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/11/2022, 12:42 WIB
|

KOMPAS.com - Akhir-akhir ini kasus Covid-19 di Indonesia kembali meningkat. Hal ini karena adanya temua sub-varian baru Omicron XBB.

Meski demikian, di tengah lonjakan kasus Covid-19 ini ada golongan orang-orang tertentu yang tidak pernah terinfeksi virus penyebab Covid-19 yang disebut dengan istilah NOVID. Lantas apakah yang dimaksud dengan Fenomena NOVID.

Menurut Guru Besar dari Prodi Farmasi FIKES Universitas Esa Unggul Jakarta, Prof. Maksum Radji, NOVID adalah suatu fenomena yang menunjukkan kondisi seseorang yang tahan terhadap paparan virus SARS-COV-2 dan tidak mengalami gejala Covid-19.

"Sebetulnya istilah NOVID ini dicetuskan oleh Komunitas ilmuwan di beberapa negara, yang berusaha menemukan penjelasan kenapa ada sebagian manusia yang sama sekali tak pernah terinfeksi virus Covid-19," ujarnya dikutip dari laman Universitas Esa Unggul, Rabu (16/11/2022).

Baca juga: Dosen Itera Inovasi Alat Semprot Pestisida Otomatis

Untuk tujuan tersebut para ilmuan melakukan berbagai studi dan membentuk suatu konsorsium International the Covid Human Genetic Effort.

Ada kelompok orang yang tahan Covid-19

Dikatakan, pada salah satu penelitian yang dilakukan oleh Tim peneliti di Trinity College Dublin Irlandia, mereka menemukan sekitar 16.000 petugas kesehatan di rumah sakit yang kebal dan tak pernah terinfeksi virus SARS-COV-2.

Dari penelitian ini disimpulkan bahwa pada orang-orang yang tahan terhadap Covid-19 ini mereka memiliki mutasi genetik yang spesifik.

Selain itu, ada pula penelitian lainnya yang dilakukan oleh tim peneliti mikrobiologi klinis dari Rockefeller University New York.

"Dari penelitian itu menunjukkan bahwa sejumlah sampel yang diteliti ditemukan adanya kelompok orang-orang yang tidak pernah tertular virus Covid-19 meskipun memiliki risiko tinggi tertular," imbuh Prof. Maksum.

Inilah yang disebut dengan Fenomena NOVID dimana seseorang tidak pernah terinfeksi virus SARS-COV-2 ataupun tidak menyadari bahwa telah terinfeksi karena tidak menngalami gejala Covid-19 sedikitpun.

Baca juga: Mahasiswa IPB Inovasi Sabun, Mandi Tanpa Bilas Air

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+