Kompas.com - 24/11/2022, 19:48 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Gempa Cianjur berkekuatan cukup besar, yakni 5,6 magnitudo. Hal itu menyebabkan banyak korban jiwa dan kerusukan bangunan yang cukup parah.

Tidak hanya itu, getaran gempa Cianjur terasa sampai ke wilayah Jakarta dan terjadi longsor di sebagian Jawa Barat.

Apa yang menyebabkan dahsyatnya kekuatan gempa tersebut?

Geolog UGM, Dr. Gayatri Indah Marliyani mengatakan, bencana gempa Cianjur yang baru saja terjadi memang memiliki ekuatan yang cukup besar dan hiposenter yang dangkal, yakni 11 kilometer (km).

Baca juga: Nadiem Percepat Perbaikan Bangunan Sekolah Terdampak Gempa Cianjur

Gempa bumi ini, kata dia, disebabkan oleh pergerakan sesar aktif di darat.

"Sumber gempa yang dekat dengan permukaan serta magnitudo yang cukup besar menyebabkan dampak merusak yang cukup meluas terutama di sepanjang jalur sesar tersebut," ucap dia dalam keterangannya, Kamis (24/11/2022).

Soal getarannya yang mencapai daerah DKI Jakarta, menurut Gayatri, efek guncangan terasa paling besar di area dekat dengan hiposenter. Di mana energi gempa terinisiasi dan mulai menyebar, mengakibatkan kerusakan signifikan di Cianjur dan Sukabumi.

Sedangkan wilayah Jakarta berada cukup dekat dengan lokasi gempa ini menyebabkan guncangan masih terasa kuat di wilayah Jakarta dan Bogor.

Selain itu, tipe tanah dan batuan di bawah kota Jakarta mendukung terjadinya amplifikasi gelombang gempa, sehingga efek guncangan terasa lebih kuat di daerah cekungan Jakarta dibandingkan area lain berjarak sama yang memiliki batuan cenderung lebih keras.

Banyaknya bencana tanah longsor akibat gempa, sebut dia, dikarenakan di wilayah sekitar Cianjur, Sukabumi, dan Bogor terdiri jenis batuan yang ada serta kemiringan lereng yang tinggi.

Baca juga: Berkaca Gempa Cianjur, Peneliti ITS: Harus Jadi Acuan Mitigasi

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.