Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Pesan Elon Musk untuk Mahasiswa Indonesia agar Sukses

Kompas.com - 24/11/2022, 12:26 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - CEO Tesla Motors, Elon Musk baru-baru ini berdialog dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim bersama 400 mahasiswa se-Indonesia.

Elon Musk hadir langsung secara virtual dalam acara "Intergenerational Dialogue for Our Emerging Future," di Bali, Senin (14/11/2022).

Topik tersebut sengaja diangkat oleh Kemendikbudristek untuk mengedepankan pentingnya kolaborasi lintas sektor dan lintas generasi pendidikan dalam upaya mewujudkan masa depan yang lebih baik.

Merilis laman resmi Kemendikbudristek, Elon Musk menitipkan pesan atau rekomendasi kepada mahasiswa Indonesia tentang beberapa hal yang dia lakukan saat berada di usia muda, sehingga menjadi orang sukses seperti saat ini.

Baca juga: Erick Thohir Sebut 9 Pekerjaan Bakal Hilang di 2030, Ada Pekerjaanmu?

Pemilik baru Twitter tersebut  membagikan beberapa hal penting yang dapat dilakukan ketika masih duduk di bangku kuliah, dilansir dari akun Instagram Ditjen Diktiristek.

4 Pesan Elon Musk bagi mahasiswa Indonesia

1. Mencoba dan mempelajari sesuatu yang penting untuk membangun relevansi

Mahasiswa diharapkan bisa mencoba dan memahami hal-hal penting yang dapat dipelajari, kemudian mampu dapat memutuskan hal yang relevan dan tidak relevan.

Ketika ingin menyelesaikan masalah, Elon Musk memberi rekomendasi untuk mengetahui alat yang harus digunakan dalam menyelesaikan masalah tersebut dan memahami upaya yang dapat dilakukan dalam menentukan alat yang membantu proses penyelesaian masalah.

Demikianlah halnya dalam pendidikan di masa depan harus seperti itu.

Baca juga: 10 Jurusan S2 yang Lulusannya Banyak Dicari Tahun 2026

2. Berpikir kritis sangat penting karena menciptakan firewall (keamanan dan perlindungan) mental

Pemikiran kritis dapat membangun diri sendiri. Kemampuan dalam menerima kritikan dari teman juga sangat penting.

Elon Musk berpendapat bahwa kemampuan berpikir kritis sangat perlu diajarkan ketika di bangku kuliah, dengan demikian mahasiswa akan berani menolak konsep yang tidak baik, yang terjadi dalam hidupnya.

3. Rasa ingin tahu yang besar sangat penting untuk dimiliki, sehingga menjadi obsesi untuk mengetahui dan membuktikannya.

Elon Musk berpendapat bahwa rasa keingintahuan yang besar adalah karakter yang paling penting untuk dimiliki oleh mahasiswa, sehingga mengetahui berbagai hal penting dalam dunia ini.

4. Dapat mengendalikan rasa takut untuk terus maju ketika menjelajahi hal-hal baru

Sebagai pebisnis terkenal, Elon Musk berpendapat bahwa hal yang harus dimiliki oleh kaum muda adalah jiwa petualang yang tinggi dan terus menjelajahi hal-hal baru.

Generasi muda harus mampu mengendalikan rasa takut mereka dengan sejumlah hal. Mereka perlu memastikan bahwa ketakutan tidak sebanding dengan bahaya yang sebenarnya.

Baca juga: Lewat Cerpen Matematika, Guru Ini Buat Pelajaran Berhitung Menyenangkan

Demikianlah beberapa pesan dan rekomendasi Elon Musk kepada mahasiswa Indonesia dalam acara kolaborasi antara Tri Hita Karana (THK) Future Knowledge Summit dan Festival Kampus Merdeka (FKM) Kemendikbudristek yang bertujuan mewujudkan visi nasional dalam mempercepat Indonesia maju dengan sumber daya manusia yang unggul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com