Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/11/2022, 19:20 WIB
|

KOMPAS.com - Siswa yang masih duduk di bangku sekolah tentu harus rajin belajar. Selain itu, siswa juga harus ikut kegiatan ekstrakurikuler.

Sebab, ada beragam manfaat jika siswa ikut kegiatan ekstrakurikuler. Salah satunya bisa mengurangi tingkat stres pada siswa.

Melansir laman BPK Penabur, ekstrakurikuler atau yang sering disebut ekskul merupakan kegiatan diluar jam sekolah yang bertujuan untuk menyalurkan minat bakat siswa dan memperluas pengetahuan mereka.

Bagi anak sekolah, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler merupakan hal yang sangat penting. Anak-anak tak hanya fokus dalam akademik saja, minat dan bakat juga perlu disalurkan.

Baca juga: Siswa SD, Yuk Mengenal Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan

Manfaat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler

1. Beri dampak positif untuk kesehatan

Berbagai kegiatan ekstrakurikuler seperti olahraga, pramuka, palang merah pemuda (PMR), pecinta alam dan sebagainya tak hanya membentuk pribadi yang lebih baik, tapi juga berdampak pada kesehatan tubuh.

Sebab, mereka tak hanya berkelompok dalam berpikir tetapi juga bekerja sama bergotong royong dengan tenaga. Sehingga mereka akan lebih aktif dan semangat karena banyak bergerak dan melakukan hal positif.

2. Mengurangi tingkat stres anak

Jika di sekolah siswa harus mengikuti pelajaran, atau ketika sudah pulang sekolah dan di rumah anak harus mengikuti beragam kegiatan. Tentu bisa membuat anak cepat bosan dan stres.

Agar hal ini tak terjadi, maka selingi kegiatan mengajar di sekolah dengan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang mereka minati.

Baca juga: Siswa, Ini Tips Jaga Kesehatan di Musim Hujan

Melakukan hal yang disukai akan membantu anak melewati hari-hari mereka yang padat dengan hati senang. Karena kegiatan ekstrakurikuler bisa menjadi terapi sekaligus kesempatan untuk bersantai dari rutinitas yang membosankan.

3. Bisa atur waktu dengan baik

Dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, anak akan memiliki banyak kegiatan yang menuntut untuk memiliki kemampuan dalam mengatur waktu.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+