Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/11/2022, 18:35 WIB

KOMPAS.com - Suka jajan sembarangan, sebetulnya bisa berbahaya bagi tubuh. Sebab, jika makanan yang disantap mengandung mikroorganisme yang buruk maka otak bisa terkena infeksi

Meski jajanan yang dimakan enak dan murah, tetapi kebersihan dari penjual makanan tetap harus diutamakan. Itu demi kesehatan tubuh terutama organ dalam seperti usus, paru-paru dan otak. 

Vella Rohmayani Dosen Teknologi Laboratorium Medis (TLM) Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya menjelaskan berbagai penyakit yang menyerang manusia akibat jajan sembarangan.

"Salah satu contoh perilaku hidup kurang sehat adalah sering mengonsumsi jajan sembarangan. Kebiasaan ini membuat seseorang rentan terserang penyakit, terutama penyakit yang berkaitan dengan gangguan sistem pencernaan," jelas Vella dilansir dari laman UM Surabaya.

Baca juga: Dosen UM Surabaya Beberkan 8 Ciri-ciri Handphone Disadap

Menurutnya, seseorang bisa terinfeksi penyakit melalui perantara konsumsi jajan sembarangan karena mikroorganisme pathogen.

"Beberapa jenis mikroorganisme pathogen yang bisa ditularkan melalui perantara makanan maupun minuman yang terkontaminasi adalah Bakteri E. coli, Protozoa Entamoeba histolytica, Balantidium coli, serta berbagai spesies Cacing parasite," kata dia lagi.

Penyebab makanan mengandung mikroorganisme pathogen adalah karena pengolahan makanan yang kurang higienis.

Misalnya bahan yang digunakan tidak di cuci secara bersih terlebih dahulu sebelum di masak, juru masak kurang menjaga kebersihan diri, penggunaan air mentah, penggunaan peralatan memasak yang kurang bersih, cara mengemasan dan pemasaran makanan yang kurang tertutup.

"Seseorang yang mengonsumsi makanan maupun minuman yang terkontaminasi oleh Bakteri E. coli dapat menderita diare. Sedangkan kontaminasi Balantidium coli dapat menyebabkan terjadinya infeksi baantidiasis," tambahnya.

Vella menambahkan parasit entamoeba histolytica yang merupakan protozoa golongan sporozoa ini jika masuk ke dalam tubuh manusia dapat menyebabkan infeksi amoebiasis.

Baca juga: Dosen UM Surabaya: Ini 4 Manfaat Bersihkan Wajah Sebelum Tidur Malam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+