Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa PNL Magang di Inggris, Kunjungi 7 Perusahaan Ternama

Kompas.com - 19/11/2022, 10:50 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pengalaman luar biasa didapatkan oleh salah satu mahasiswa Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL), Muhammad Fajar Alfath.

Sebelumnya, Alfath lolos dalam mengikuti program Indonesian International Student Mobility Awards Edisi Vokasi (IISMAVO).

Ia berkesempatan mengikuti program magang di Unipart Logistic selama 4 bulan yang ditawarkan oleh Coventry University, Inggris.

Saat ikut program itu, Alfath berfokus pada virtual reality (VR) training yang didampingi oleh Benny Tjahjono selaku Professor of Sustainability and Supply Chain Management, Centre for Business in Society (CBiS).

Baca juga: Perbedaan Vokasi dan Sarjana, Jangan Salah Pilih

Melansir laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Jumat (18/11/2022), CBiS merupakan salah satu pusat penelitian unggulan di Coventry yang memiliki jejaring industri dengan cakupan yang luas.

Karena itu memungkinkan mahasiswa Indonesia memperoleh kesempatan magang dan mengasah kompetensi langsung di dunia industri yang berkualitas.

Steve Godee (Manager dari Alfath dalam program magang) menjelaskan, pelatihan pekerjaan menggunakan medium VR tersebut dilakukan guna meningkatkan efisiensi pelatihan kepada calon pekerja dalam jumlah banyak secara simultan.

Tak hanya itu, Steve juga menuturkan sebagaimana Jaguar Land Rover yang menggandeng Unipart Logistic dalam menyediakan suku cadang membuatnya mulai menggunakan VR untuk meningkatkan kapasitas SDM berkualitas guna memenuhi kebutuhan industri.

"Penggunaan VR akan mengubah cara kami di Unipart maupun Jaguar Land Rover dalam melatih pekerja kami ke standar yang lebih tinggi dalam lingkungan yang aman dan mendalam," ujar Steve.

Alfath mengatakan, dirinya harus melakukan riset terhadap kebutuhan hardware, security, dan healty measures dari peranti VR.

Baca juga: 4 Jurusan Paling Diminati di Sekolah Vokasi

Tidak hanya itu, mulai dari gambar, dimensi, video, hingga prosedur dari gameplay juga perlu disiapkannya.

“Dalam hal ini, kami membantu Unipart Logistic sebagai quality assurance dalam mengembangkan VR training gameplay. Ini dilakukan guna memastikan kualitas serta keamanan gameplay agar lebih baik secara konvensional," tuturnya.

Dari program magang ini, Alfath berterima kasih atas program IISMA Edisi Vokasi yang diusung oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi.

Sebab, dapat membuatnya meningkatkan keterampilan dan mengasah kompetensi di industri bertaraf global.

"Kami mahasiswa Indonesia berterima kasih kepada IISMAVO dan Coventry University yang telah memberikan kesempatan dan pengalaman yang sungguh luar biasa," kata Alfath.

Saat ikut program tersebut, Alfath juga memperoleh kesempatan untuk mengunjungi 7 perusahaan ternama di Inggris, yakni:

  1. Morgan Cars
  2. Mini
  3. Jaguar Land Rover
  4. Brompton
  5. JCB
  6. Triumph
  7. Manchester City Football Club

Baca juga: Lowongan Magang Alam Sutera bagi Mahasiswa atau Fresh Graduate

Tentunya untuk melihat secara langsung mengenai proses industri berkompetisi secara komersial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com