Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/11/2022, 14:57 WIB

KOMPAS.com - Putera Sampoerna Foundation (PSF) terus berkomitmen untuk memperbaiki pendidikan di Indonesia melalui kerja sama dengan sejumlah mitra, mulai dari pemerintah hingga badan swasta nasional maupun internasional.

Komitmen itu salah satunya diwujudkan melalui implementasi program Pusat Belajar Guru (PBG) di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar). Program ini dicetuskan PSF dengan menggandeng Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kubu Raya melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Kubu Raya.

Head of Program Implementation PSF Agastya Yogiswara Wahyudyatmika mengatakan, PBG merupakan salah satu program unggulan yang difasilitasi oleh PSF untuk meningkatkan profesionalisme dan kompetensi guru.

“Dengan terwujudnya PBG di Kabupaten Kubu Raya, kami berharap dapat membuka lebih luas akses layanan pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai kebutuhan guru di berbagai jenjang,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (27/10/2022).

Baca juga: Unpad Kukuhkan 7 Guru Besar Baru

Agastya berharap, terbukanya akses layanan terhadap guru dapat meningkatkan kualitas hasil belajar siswa.

Untuk diketahui, PBG merupakan organisasi pembelajar mandiri yang sistematis dan terstruktur. Organisasi ini dikelola oleh guru-guru terpilih di bawah pengawasan pemerintah daerah (pemda).

PBG berfungsi sebagai pusat yang mampu merencanakan, mengembangkan, dan menginisiasi berbagai program. Utamanya program yang dibutuhkan untuk memperkuat profesionalisme dan membangun jaringan guru.

Melalui program PBG, PSF berharap bisa melahirkan pengajar berkualitas serta kompeten sehingga dapat mempengaruhi prestasi dan kualitas lulusan sekolah.

Baca juga: Data Protection Officer: Prospek Karier Lulusan Hukum Pasca-UU PDP

Pengukuhan Guru Inti PBG

PSF berkolaborasi dengan Pemkab Kubu Raya melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Kubu Raya mengukuhkan 30 Guru Inti atau Master Teacher dan Pengelola Pusat Belajar Guru Kubu Raya, Rabu (12/10/2022).DOK. Humas Putera Sampoerna Foundation PSF berkolaborasi dengan Pemkab Kubu Raya melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Kubu Raya mengukuhkan 30 Guru Inti atau Master Teacher dan Pengelola Pusat Belajar Guru Kubu Raya, Rabu (12/10/2022).

Sebagai salah satu strategi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah Kubu Raya, PSF berkolaborasi dengan Pemkab Kubu Raya melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Kubu Raya mengukuhkan 30 Guru Inti atau Master Teacher dan Pengelola Pusat Belajar Guru Kubu Raya, Rabu (12/10/2022).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+