Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/11/2022, 11:34 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim membuka Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) ke-17 tahun 2022 di Universitas Negeri Padang (UNP), Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), pada Kamis (17/11/2022).

Setidaknya ada 2.985 atlet mahasiswa yang datang dari 408 perguruan tinggi yang akan bertanding dalam Pomnas ke-17.

Baca juga: 9 Jurusan Kuliah Paling Bahagia untuk Mahasiswa, Ada Incaranmu?

Nadiem menekankan perlunya memfasilitasi bakat dan minat mahasiswa di bidang olahraga sebagai upaya menghadirkan generasi muda yang kompetitif, serta berjiwa kolaboratif dan kreatif dalam berkarya dan berprestasi.

"Kita harus selalu ingat bahwa mahasiswa di seluruh Indonesia berhak untuk mengembangkan bakat dan minatnya, termasuk di bidang olahraga. Karena itulah kegiatan kompetisi olahraga seperti Pomnas penting sekali untuk mendorong kolaborasi lintas sektor dan membangkitkan semangat generasi muda kita untuk berkarya dan berprestasi," kata dia.

Tema Pomnas tahun 2022 adalah "Wujudkan Talenta Mahasiswa Unggul menuju Indonesia Emas, dengan moto Hebat, Bersahabat, Terhormat".

Peserta Pomnas ke-17 adalah utusan dari 34 Pengurus Provinsi Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) seluruh Indonesia.

Lanjut Nadiem menyampaikan apresiasi atas kesungguhan pihak penyelenggara untuk mewujudkan Pomnas ke-17.

"Saya ucapkan selamat bertanding kepada seluruh atlet peserta Pomnas dan saya mengapresiasi seluruh jajaran Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Andalas (Unand), Politeknik ATI Padang, Dispora Sumbar, serta seluruh organisasi atas kolaborasi dan kerja kerasnya menyelenggarakan kegiatan ini," ucapnya.

Menurut Nadiem, menyelenggarakan agenda semasif Pomnas, bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Selain membutuhkan kerja keras, dibutuhkan pula komitmen dan daya tahan yang luar biasa dari pihak penyelenggara.

Ke depan, dia berharap, Pomnas dapat terselenggara lebih meriah dan melibatkan lebih banyak pihak untuk berkolaborasi termasuk melibatkan makin banyak peserta mahasiswa.

Baca juga: 10 Bahasa Korea yang Masuk KBBI, Ada Oppa dan Kimci

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+