Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/11/2022, 15:42 WIB


KOMPAS.com – Room to Read dan Ashoka mengajak anak-anak, khususnya usia Sekolah Dasar (SD) untuk menjadi tokoh perubahan atau pembaharu sejak dini. Hal tersebut diwujudkan dengan menerbitkan 12 buku cerita nonfiksi dilengkapi dengan gambar yang ilustratif.

Buku dengan tema Sang Penerang, Pemimpi, dan Pembaharu Membangun literasi dan keterampilan abad 21 sengaja diterbitkan dalam bentuk nonfiksi untuk mengajarkan fakta yang merupakan bagian krusial bagi anak-anak dalam menemukan pembelajaran dan ketertarikan.

Penulis juga menggunakan bahasa naratif sebagai teknik penceritaan yang menarik, seperti penggunaan karakter, latar, detail rasa, konflik cerita, klimaks, dan penyelesaian masalah.

Baca juga: Cerita Para Ibu Penggerak Hapus 3 Dosa Besar Dunia Pendidikan Anak

Beberapa tokoh pembaharu atau changemaker yang kisahnya diangkat dalam serial buku cerita bergambar tersebut yakni Butet Manurung, Tri Mumpuni, Nabila Ishma, dan Nani Zulminarni.

Ashoka South East Asia Regional Director, Nani Zulminarni menyampaikan harapannya dalam penerbitan buku tersebut.

“Kami berharap bisa mengajak anak-anak untuk mengerti bahwa ada banyak pembaharu di Indonesia yang melakukan perubahan positif dan memberikan keyakinan bahwa mereka pun bisa menjadi pembaharu di lingkungannya nanti,” pungkas Nani dalam perhelatan Indonesia International Book Fair, Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Minggu (13/11/2022).

Nani menegaskan gelaran ini menjadi salah satu upaya untuk mengajarkan kepada anak-anak bahwa ada banyak tokoh pembaharu di Indonesia yang melakukan perubahan positif.

Dengan demikian, anak semakin yakin bahwa mereka juga mampu menjadi pembaharu di lingkungannya masing-masing.

Dalam kesempatan yang sama, Program Manager Provisi Mandiri Pratama, Sabrina Esther Sarmili mengingatkan bahwa orangtua dan guru menjadi tokoh penting dalam menyiapkan anak-anak dalam menghadapi perubahan, termasuk dalam mencintai literasi, memecahkan masalah dalam hidup sehari-hari, dan pemanfaatan teknologi.

Baca juga: 6 Tanda Anak Cerdas Secara Emosional dan Cara Mengoptimalkannya

“Pendidik yaitu orang tua dan guru yang memiliki peran untuk mengenalkan minat baca serta menginspirasi anak-anak dengan kegiatan positif,” urai Sabrina.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+