Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Ajak Anak Jadi Tokoh Perubahan Lewat 12 Buku Nonfiksi

Kompas.com - 14/11/2022, 15:42 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Room to Read dan Ashoka mengajak anak-anak, khususnya usia Sekolah Dasar (SD) untuk menjadi tokoh perubahan atau pembaharu sejak dini. Hal tersebut diwujudkan dengan menerbitkan 12 buku cerita nonfiksi dilengkapi dengan gambar yang ilustratif.

Buku dengan tema Sang Penerang, Pemimpi, dan Pembaharu Membangun literasi dan keterampilan abad 21 sengaja diterbitkan dalam bentuk nonfiksi untuk mengajarkan fakta yang merupakan bagian krusial bagi anak-anak dalam menemukan pembelajaran dan ketertarikan.

Penulis juga menggunakan bahasa naratif sebagai teknik penceritaan yang menarik, seperti penggunaan karakter, latar, detail rasa, konflik cerita, klimaks, dan penyelesaian masalah.

Baca juga: Cerita Para Ibu Penggerak Hapus 3 Dosa Besar Dunia Pendidikan Anak

Beberapa tokoh pembaharu atau changemaker yang kisahnya diangkat dalam serial buku cerita bergambar tersebut yakni Butet Manurung, Tri Mumpuni, Nabila Ishma, dan Nani Zulminarni.

Ashoka South East Asia Regional Director, Nani Zulminarni menyampaikan harapannya dalam penerbitan buku tersebut.

“Kami berharap bisa mengajak anak-anak untuk mengerti bahwa ada banyak pembaharu di Indonesia yang melakukan perubahan positif dan memberikan keyakinan bahwa mereka pun bisa menjadi pembaharu di lingkungannya nanti,” pungkas Nani dalam perhelatan Indonesia International Book Fair, Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Minggu (13/11/2022).

Nani menegaskan gelaran ini menjadi salah satu upaya untuk mengajarkan kepada anak-anak bahwa ada banyak tokoh pembaharu di Indonesia yang melakukan perubahan positif.

Dengan demikian, anak semakin yakin bahwa mereka juga mampu menjadi pembaharu di lingkungannya masing-masing.

Dalam kesempatan yang sama, Program Manager Provisi Mandiri Pratama, Sabrina Esther Sarmili mengingatkan bahwa orangtua dan guru menjadi tokoh penting dalam menyiapkan anak-anak dalam menghadapi perubahan, termasuk dalam mencintai literasi, memecahkan masalah dalam hidup sehari-hari, dan pemanfaatan teknologi.

Baca juga: 6 Tanda Anak Cerdas Secara Emosional dan Cara Mengoptimalkannya

“Pendidik yaitu orang tua dan guru yang memiliki peran untuk mengenalkan minat baca serta menginspirasi anak-anak dengan kegiatan positif,” urai Sabrina.

Oleh karena itu, Sabrina berpendapat perubahan dapat dimulai dari hal-hal kecil, seperti mengajarkan anak untuk membuang sampah pada tempatnya, melatih anak membaca buku, dan berani meminimalisir penggunaan gawai.

Sebagai informasi, Room to Read merupakan Lembaga nirlaba yang fokus pada literasi anak, sedangkan Ashoka Foundation yakni sebuah kewirausahaan global.

Salah seorang pengunjung sedang mengamati buku-buku Becoming a Changemaker di stan yang disediakan pada Indonesia International Book Fair, Jakarta Convention Center, Senayan.Kompas.com/Angela Siallagan Salah seorang pengunjung sedang mengamati buku-buku Becoming a Changemaker di stan yang disediakan pada Indonesia International Book Fair, Jakarta Convention Center, Senayan.

Kedua lembaga tersebut membangun literasi dan keterampilan abad-21 dengan mengajak anak-anak membaca kisah para pembaharu Indonesia yang disajikan dalam 12 buku cerita bergambar dengan genre nonfiksi naratif.

Dengan menggandeng tiga penerbit mayor yakni penerbit Bestari, Bhuana Ilmu Populer (BIP, Kompas Gramedia Group), dan Nourabooks, mereka berkomitmen untuk mewujudkan gerakan literasi di Indonesia.

Buku-buku ini dapat dibeli di berbagai toko buku dan diakses oleh sekolah dengan menggunakan dana BOS Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi; serta diakses secara gratis melalui literacycloud.org.

Baca juga: Mau Jadi Penulis Buku? Ini Cara Mengirim Naskah ke Penerbit Gramedia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com